Peduli Palestina, Warga Ibu Kota Gelar Unjuk Rasa

Jakarta, relawan.id – Syal bermotif bendera Palestina tersampir di pundak Eka Sari, salah satu warga Jakarta yang datang di acara unjuk rasa menuntut pembebasan Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Selasa (18/5/2021) siang.

Sambil berdiri mengenakan atribut tersebut, ia bersama pengunjuk rasa lain yang berasal dari kalangan buruh berteriak menentang penjajahan Israel atas Palestina. Terik matahari siang itu seakan tak menjadi alasan untuk dirinya mengendurkan semangat membela perjuangan bangsa Palestina atas tanahnya.

“Kondisi Palestina saat ini sangat memprihatinkan karena memakan banyak korban jiwa, khususnya anak-anak dan perempuan. Ini juga bukan semata terkait agama, tapi penjajahan besar yang mengancam siapa pun di Palestina tanpa memandang latar belakang,” ungkap Eka.

Teriakan-teriakan tuntutan menggema, membuat para peserta unjuk rasa semakin bersemangat walau disengat panasnya udara ibu kota. Ternyata mereka datang ke sana tak hanya bermodal tekad. Tetapi, ratusan orang yang hadir itu di sisi lain telah merelakan sebagian hartanya untuk kepedulian Palestina. Seperti Eka yang mengaku sering menyalurkan sedekah terbaiknya melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT). Di momen meningkatkan agresi Israel pun, ia menggalang kepedulian bersama wali murid di tempatnya mengajar di salah satu sekolah di Kenari, Senen.

“Donasi saya salurkan lewat ACT, karena sering melihat bukti penyalurannya untuk Palestina,” kata Eka.

Tak hanya Eka, peserta unjuk rasa lain ternyata juga tak hanya mendukung pembebasan Palestina lewat keterlibatan mereka dalam aksi tersebut. Seperti Wiwin, warga Bekasi yang datang ke Jakarta hari itu untuk berunjuk rasa. Selama ini ia telah sering berkoordinasi dengan ACT untuk mengadakan aksi kebaikan.

Adanya dukungan yang mengalir dari bangsa Indonesia seakan menjadi angin segar bagi perjuangan penduduk Palestina di tengah penjajahan Israel. Aksi Cepat Tanggap (ACT) sendiri menyalurkan bantuan rakyat Indonesia ke berbagai program, mulai dari pemenuhan pangan, layanan medis, tempat tinggal, pendidikan hingga bantuan lain yang penting bagi kelangsungan hidup penduduk Palestina. Termasuk selama meningkatnya agresi Israel sekarang ini, bantuan yang terhimpun segera ACT kirim ke Palestina melalui cabang ACT di Gaza.

Kiki Hermawan dari Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia mengapresiasi kinerja yang ACT lakukan di Palestina. Ia yang melihat aksi ACT melalui kanal media sosial pun begitu bangga karena bangsa Indonesia bisa membantu perjuangan penduduk di sana. “Kami begitu mengapresiasi atas aksi ACT di Palestina, mulai dari penyediaan makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya,” ungkap Kiki, Selasa (18/5/2021).

Di hari itu serikat buruh yang menggelar unjuk rasa juga menggalang sedekah terbaik untuk Palestina yang akan disalurkan melalui ACT. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengatakan, mengecam keras dan meminta agresi Israel berhenti dan memerdekakan bangsa Palestina. “Kami akan bekerja sama dengan ACT menggalang dana untuk bantuan kemanusiaan Palestina,” jelas Said.