Tips Atur Keuangan Agara Bisa Bertahan Hingga Akhir Bulan

Jakarta, relawan.id – Banyak pekerja atau mahasiswa yang mulai kehabisan uang di akhir bulan seperti ini. Tanpa disadari, hal ini terjadi karena kesalahan dalam mengatur pengeluaran setiap harinya.

Tak peduli berapa besar penghasilan kamu, kalau tidak bisa mengatur keuangan dengan tepat dan cermat, kamu tetap saja akan sekarat di pertengahan bulan sampai ke akhir bulan.

Berikut ini akan dibeberkan trik mengelola keuangan biar kamu masih bisa ‘bernapas’ hingga akhir bulan:

1. Jangan abaikan dana darurat

Untuk menjaga keuangan tetap aman, kamu harus memaksakan diri untuk menabung. Namun tak habis di situ, kamu juga harus mempunyai dana darurat.

Dana darurat ini dibutuhkan jika kamu tiba-tiba harus membeli HP baru karena kecopetan. Atau bisa saja kamu butuh biaya berobat ke dokter.

Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi dalam sebulan itu, ada baiknya kamu menyiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga. kebutuhan-kebutuhan tak terduga ini bisa membuat keuangan kamu kembang kempis di akhir bulan.

2. Pisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan

Memang sudah kodrat bahwa kebutuhan saja tak cukup buat manusia. Pasti kamu punya juga keinginan ini dan itu yang sebenarnya tak perlu.

Menyiasati ini semua, kamu harus segera memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan anggaran untuk keinginan. Jangan sampai kamu menghabiskan semua uang untuk keinginan dan yang menjadi kebutuhan malah tak terpenuhi.

3. Cek tagihan dan tanggungan

Cara agar kamu tak kehabisan uang di tengah bulan adalah dengan bijak terhadap semua keinginan meskipun itu hal yang wajar.

Sebelum kamu membeli barang yang diinginkan, ingat-ingat dulu apakah kamu masih punya tanggungan dan tagihan yang harus dibayar. Jangan sampai uang kamu sudah habis untuk hura-hura dan tiba-tiba ada tagihan yang harus kamu bayar segera.

Kalau sudah begini, kamu harus merogoh kocek dari anggaran kebutuhan lainnya dan wajar saja kalau ujungnya keuangan kamu seret padahal baru pertengahan bulan.

4. Rencanakan pengeluaran

Cara berikutnya agar keuangan kamu aman sampai akhir bulan adalah dengan mencatat rencana pengeluaran ke depan. Kamu harus sudah tahu apa saja yang mau dibeli dengan gaji bulan depan.

Dengan membuat anggaran belanja, kamu bisa tahu apa yang menjadi kebutuhan atau cuma keinginan semata.

Kamu harus kejam pada diri sendiri dengan menerapkan prinsip skala prioritas.

5. Pisahkan anggaran dari awal

Selain membuat anggaran, kamu juga harus membiasakan diri untuk belanja rutin untuk kebutuhan sehari-hari.

Kamu bisa melakukan belanja per-dua mingguan. Saat kamu gajian, setelah dipotong dana tabungan dan dana darurat, pisah gaji kamu menjadi dua bagian. Untuk dua minggu pertama dan dua minggu kedua. Dengan begitu, kamu tak akan sekarat di akhir bulan, karena uang hidup kamu sudah dipersiapkan.

6. Bawa catatan belanja bulanan

Strategi menjaga keuangan tetap utuh sampai akhir bulan adalah dengan membawa catatan saat belanja. Dengan begini, tidak akan asal dalam belanja.

Biasakan membuat catatan belanja, apa saja yang harus kamu beli. Gunakan juga kacamata kuda, supaya kamu tak tergoda untuk membeli barang-barang yang tak perlu.