Kepedulian Masyarakat Indonesia untuk Palestina

Jakarta, relawan.id – Kondisi Palestina yang semakin hari semakin tertekan oleh penjajahan Israel membawa dampak besar bagi penduduk. Dalam berbagai hal mereka mengalami kendala, bahkan sekadar mengistirahatkan tubuh rasanya tak aman karena serangan Israel sewaktu-waktu bisa terjadi. Sepanjang hari suasana mencekam.

Berangkat dari kondisi inilah, berbagai organisasi di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara yang tergabung dalam Persaudaraan Masyarakat Kalibaru (PMKB) memberikan dukungan untuk Palestina. Bertempat di Masjid Baitul Mukminin, mereka menggelar halalbihalal dan doa bersama untuk Palestina sekaligus menggalang dukungan.

Inisiator PMKB Sitoh Anang mengatakan, kegiatan mengumpulkan dukungan ini menjadi bukti rasa solidaritas untuk saudara yang tengah terjajah di Palestina. Persiapan yang singkat dan pertanyaan di grup WhatsApp menjadi dimulainya gerakan kebaikan ini untuk Palestina.

“Malam hari ini kami, dari Kalibaru, Cilincing, mengirimkan pesan kepada seluruh penjuru dunia bahwa sebuah gerakan baik telah hadir dan akan ditiru oleh masjid-masjid dan semua pihak untuk melakukan hal yang sama untuk Palestina. Ini pun menjadi pembuktian bahwa kita semua bisa berbagi dan peduli kepada saudara kita di Palestina,” ungkap Sitoh sambil memberikan apresiasi kepada seluruh perwakilan organisasi yang hadir, Selasa (18/5/2021).

Halalbihalal yang digelar PMKB melibatkan berbagai pihak di Jakarta Utara. Mulai dari pihak kecamatan, MUI, Muhammadiyah, NU, DMI Jakarta Utara, Linmas, Babinsa, forum RT RW hingga relawan Masyarakat Relawan Indonesia Jakarta Utara.

Ketua RW 07 yang juga perwakilan Forum RT RW Kalibaru Caharudin berharap gerakan ini dapat menjadi momentum bagi warga Kalibaru untuk meningkatkan kepedulian dan perhatian atas krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina hingga saat ini.

“Ketika kita mendengar kondisi Palestina, di sana penjajahan terus terjadi. Tragedi kemanusiaan ada di sana, juga perampasan hak penduduk Palestina oleh Israel. Bukan sehari atau dua hari hal ini terjadi, tapi bertahun-tahun lamanya,” ungkap Caharudin.

Di acara ini juga, sepelas sambutan berbagai organisasi, dilakukan penyerahan dukungan untuk Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jakarta Utara. Nilainya mencapai Rp25 juta untuk berbagai program kemanusiaan yang hingga sekarang terus ACT hadirkan melalui cabang ACT di Palestina.