ACT Garut Deklarasikan KKIPP untuk Pembebasan Palestina

Garut, relawan.id – Isu Palestina masih menjadi permasalahan global yang ramai hingga saat ini. Pascaserangan zionis Israel, kerugian paling banyak dirasakan pihak sipil. Insiden ini juga melukai ribuan orang dan mengakibatkan ratusan orang syahid termasuk anak-anak dan wanita.

Merespons kondisi yang terjadi, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut mendeklarasikan Komite Internasional Pembebasan Palestina (KIPP). Deklarasi diadakan di Aula Pondok Pesantren Darussalam, Kecamatan Wanaraja pada Kamis (27/5/2021).

“KKIPP hadir sebagai gerakan masyarakat sipil berbasis spirit kemanusiaan untuk membebaskan Palestina dari segala belanggu penjajahan Israel demi terwujudnya peradaban dunia yang lebih baik,” ucap Koordinator KKIPP sekaligus kepala Cabang ACT Garut Mochamad Dani Ramdani dalam sambutannya.

Hadirnya komite ini diharapkan juga dapat membangun gerakan masyarakat sipil dunia yang teroganisir dalam pembebasan Palestina. Advokasi aktif juga ke depannya akan terus dilakukan kepada berbagai stakeholders.

“Salah satu kegaitan awal dari gerakan KKIPP di Garut adalah deklarasi KKIPP dengan mengundang tokoh ulama dan masyarakat di Kecamatan Wanaraja. Tujuannya adalah agar tokoh masyarakat bisa memberikan pengetahuan tentang pentingnya membela Palestina,” lanjut Dani.

Sementara itu tokoh ulama Garut K.H Cecep Abdul Halim, Lc dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ACT yang terus berjuang memberikan bantuan untuk Palestina. “Jadi tidak ragu lagi untuk memberikan bantuan melalui ACT. Kita wajib membantu Palestina, karena Palestina mempunyai sejarah yang penting bagi peradaban Islam,” tutur Cecep

Selain mengapresiasi kegiatan ACT yang konsen terhadap Palestina, Cecep juga mengapresiasi aksi-aksi ACT yang membantu korban bencana ataupun keluarga prasejahtera lainnya. ”Kiprah ACT selain membantu keluar, juga telah banyak membantu warga Garut khususnya umumnya warga negara indonesia yang tertimpa musibah,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, dari Yayasan Darussalam dan Ikatan Remaja Darussalam juga menyalurkan donasi sebesar Rp32.191.200. Donasi ini merupakan kepedulian dari warga di sekitar pasar di Kecamatan Wanaraja beberapa waktu lalu. Bantuan ini akan diimplementasikan untuk membantu perjuangan serta pemulihan Palestina yang baru saja terdampak serangan.