Untuk Kesehatan, Peneliti Minta Remaja Batasi Menggunakan Gadget

Jakarta, relawan.id – Gadget telah menjadi barang yang sulit untuk ditinggalkan saat ini, terutama di kalangan generasi muda. Bahkan ada orang yang hampir setiap menit memegang gadget miliknya. Hal ini disebut memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Lalu, berapa lama sih waktu ideal untuk bermain gadget?

Dilansir dari Medical Xpress, penelitian yang dilakukan oleh Rutgers University-New Brunswick menyebut bahwa bermain internet dan media sosial sebaiknya dibatasi hanya satu jam saja setiap hari ketika sedang bersekolah.

Berdasar penelitian tersebut, bermain internet dan media sosial dalam waktu yang lama bisa menurunkan nilai ketika di sekolah. Hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Computers in Human Behavior membuat garis tegas jumlah jam yang disarankan untuk dituruti.

Pada hari-hari sekolah, jumlah jam yang disarankan maksimal adalah satu jam. Sedangkan pada akhir pekan, jumlah jam maksimal yang disarankan adalah empat jam.

Manfaat Membatasi Penggunaan Ponsel dan Gawai

“Teknologi interaktif banyak digunakan dalam akses pembelajaran anak dan pencapaian mereka,” terang peneliti Vivien (Wen Li) Anthony dari Rutgers Center for Gambling Studies.

“Selama pandemi Covid-19, teknologi berperan penting dalam memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Sementara itu, terdapat kekhawatiran yang muncul terkait penggunaan teknologi secara berlebihan, terutama untuk hiburan, mungking bisa berdampak pada perkembangan pembelajaran siswa, terutama karena bisa memenuhi keengganan siswa untuk belajar dan mengalihkan perhatian mereka dari kegiatan pembelajaran,” sambungnya.

Penelitian ini dilakukan di China dengan kerjasama dari Renmin University of China.Penelitian dilakukan terhadap 10.000 ribu siswa kelas satu SMP yang memiliki usia rata-rata 13,5 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang menggunakan internet, media sosial, dan video games untuk hiburan selama empat jam atau lebih setiap hari cenderung untuk lebih sering membolos. Sementara itu, siswa yang menggunakannya kurang dari satu jam dan lebih banyak untuk berhubungan dengan teman sekolah, cenderung tidak bosan ketika bersekolah.

Hasil temuan ini menunjukkan manfaat membatasi penggunaan gawai dan ponsel terutama pada siswa usia SMP. Penggunaan dalam waktu dan tujuan yang tepat justru bisa bermanfaat bagi perkembangan anak.