30 Masjid di Jakarta Deklarasi Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Jakarta, relawan.id – Pasca serangan Israel di akhir Ramadan lalu, dukungan kemanusiaan untuk Palestina meningkat pesat di Tanah Air. Berbagai tokoh, komunitas bahkan individu bergerak bersama untuk mendukung Palestina dan mengecam tidakan Israel yang telah menghilangkan ratusan nyawa tak bersalah termasuk anak-anak dan wanita.

Termasuk di Jakarta Utara, dukungan untuk Palestina terus disampaikan. Sepeti pada Senin (31/5/2021), dukungan tersebut disampaikan dalam bentuk deklarasi bersama Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) selenggarakan bersama lebih dari 30 masjid se-Jakarta Pusat di Masjid Fatahillah, Blok B Pasar Tanah Abang. Deklarasi ini pun menjadi momentum umat Islam untuk menyatukan barisan demi kemerdekaan Palestina.

Kepala Cabang ACT Jakarta Pusat Aat Soihat mengatakan, kondisi Palestina saat ini masih sangat membutuhkan dukungan bersama. Apalagi pasca agresi besar, berbagai fasilitas dan layanan untuk penduduk Palestina mengalami kerusakan. Untuk itu, menyatukan barisan untuk Palestina diperlukan, termasuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Memperjuangkan kelangsungan kehidupan di Palestina menjadi tugas kita semua, bahkan sampai Palestina benar-benar merdeka,” ungkap Aat.

Deklarasi yang digelar di masjid di puncak gedung Blok B Pasar Tanah Abang ini dihadiri perwakilan masjid-masjid yang juga merupakan representatif dari para jemaah. Ustaz Mulyadi, perwakilan Masjid Al-Barokah Tanah Rendah mengatakan, penjajahan di atas tanah Palestina merupakan pelanggaran kemanusiaan yang sangat berat. Ia mengajak kepada seluruh pihak untuk membantu saudara yang tengah terzalimi di Palestina dan tetap menjaga Al-Aqsa.

“Ini permasalahan kemanusiaan, banyak kalangan, seperti perempuan dan anak yang tak bersalah menjadi korban,” ungkapnya.
Setelah deklarasi ini, para pengurus masjid di Jakpus menyampaikan, akan meneruskan pesan-pesan untuk mendukung Palestina kepada jemaah masjid masing-masing.

“Sebagai bentuk ukhuwah, kami akan terus menyuarakan dukungan untuk saudara Palestina yang tengah dizalimi dan terus mengajak jemaah untuk bergerak bersama mendukung KKIPP dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” ungkap Yasril Umar, Ketua DKM Masjid Fatahillah Blok B Tanah Abang.

Selain deklarasi KKIPP, dilakukan juga aksi penadatanganan petisi untuk membela palestina serta penyerahahan donasi dari jamaah Masjid Fatahillah Blok B Tanah Abang senilai lebih dari seratus juta rupiah melalui ACT Jakarta Pusat.