5 Manfaat Bersedakah Bagi yang Menjalankan

Jakarta, relawan.id – Selain puasa, umat Islam juga dianjurkan untuk bersedekah. Bersedekah adalah berbagi rezeki dan harta dengan orang lain, terutama pada fakir miskin, anak yatim atau siapa pun yang membutuhkan.

Dalam hal ini, bersedekah gak harus berupa materi melainkan bisa berupa barang. Dilansir dari IDN Times, selain dengan bersedekah kita akan mendapat banyak pahala, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika bersedekah. Apa saja ya manfaatnya?

1. Meningkatkan rasa empati seseorang

Bersedekah mendorong kita untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu, tujuan kita tentu saja ingin meringankan beban orang yang membutuhkan. Sehingga, hal ini dapat memupuk rasa empati diri seseorang.

2. Menghindarkan dari sifat kikir

Memiliki harta yang banyak bisa menimbulkan sifat kikir. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari perilaku ini sebaiknya bersedekah. Karena dengan bersedekah, kita bisa mengingat bahwa harta itu hanya titipan dari Allah dan seharusnya kita pun turut berbagi dengan yang membutuhkan.

3. Melancarkan rezeki kita

Membagikan rezeki yang kita dapat bukan berarti akan mengurangi harta kita lho. Namun, melakukan sedekah justru rezeki kita akan dilipatgandakan. Tanpa kita sadari, rezeki itu akan datang bisa berupa harta ataupun kemudahan setelah kita melakukan sedekah.

4. Melatih pikiran positif

Bersedekah akan melatih seseorang untuk berpikir positif. Karena ketika akan mengeluarkan uang atau barang, mereka gak akan merasa ‘sayang’. Mereka justru berpikir bahwa apa yang dilakukan akan memberikan kebaikan dan manfaat untuk orang lain.

5. Meningkatkan rasa syukur

Bersedekah juga bisa kita jadikan sebagai rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah. Sehingga bukan hanya materi dan bantuan, kita juga turut membagikan rasa bahagia kita bersama orang-orang yang membutuhkan.

Itu dia beberapa khasiat atau manfaat sedekah buat kamu yang sering melakukannya. Jadi mulai sekarang, jangan lupa untuk bersedekah ya.