ACT Kota Bekasi Galang Dana Pengobatan ‘Pak Ogah Si Unyil’

Bekasi, relawan.id – Lama tak terdengar kabarnya, pemeran sekaligus pengisi suara Pak Ogah dalam serial Si Unyil, Abdul Hamid (73), saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Bekasi berkesempatan mengunjungi kediaman Pak Ogah di bilangan Jatiasih, Kota Bekasi awal ahir Mei kemarin. Saat ditemui di rumahnya, sang istri mengungkapkan, Pak Ogah didiagnosa mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak sehingga kondisi kesehatannya menurun dan mengalami gangguan berbicara dan bergerak.

“Kepalanya sakit dan ngomong sama baca itu susah. Makanya bapak udah berapa bulan ini enggak bisa isi suara lagi, padahal satu-satunya penghasilan dari sana. Pernah bapak sampai pingsan karena saking sakitnya,” cerita istri Pak Ogah, Yuyun Widayani.

Yuyun mengungkapkan, karena tak lagi mengisi suara tokoh Pak Ogah, kini keluarganya tak memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan, di bulan Ramadan lalu, untuk pertama kalinya keluarga Abdul Hamid sampai menerima bantuan dana dari zakat fitrah dari masjid lingkungan rumahnya.

“Baru tahun ini saya dapat (zakat fitrah) dari masjid, sebelum-sebelumnya belum pernah. Ya Allah, karena memang kondisinya sulit, tapi alhadulillah sekarang kesambung lagi dari dapat bantuan masjid itu,” ujarnya.

Yuyun pun menyampaikan, kondisi terkini Pak Ogah sedang dalam perawatan di rumah sakit setelah beberapa hari lalu terpaksa harus dilarikan ke sana. “Sejak semalam di rawat lagi di rumah sakit,” sambung Yuyun melalui telepon kepada tim ACT Bekasi, Selasa (1/6/2021).

Atas kondisi tersebut, ACT Kota Bekasi menginisasi penggalangan kepeduliaan untuk Pak Ogah melalui laman Indonesia Dermawan dan Kitabisa. Penggalangan dana tersebut dilakukan sebagai ikhtiar ACT untuk membantu memfasilitasi para dermawan yang ingin membantu meringankan kesulitan keluarga Pak Ogah.

“Melihat kondisi Pak Ogah yang saat ini sakit serta kesulitan ekonomi keluarganya, maka ACT Kota Bekasi berikhtiar menghimpun kedermawanan dari masyarakat. Semoga ikhtiar ini bisa membantu Pak Ogah dan keluarganya sehingga kita dan generasi penerus bangsa ini bisa terus menikmati tokoh Pak Ogah dengan suara khasnya. Masyarakat yang ingin membantu bisa melalui laman Indonesia Dermawan,” ujar Tim Program ACT Kota Bekasi Ihsan Hafizhan.

Untuk diketahui, Pak Ogah merupakan salah satu karakter dalam serial boneka Si Unyil yang melegenda di tahun 80-an. Saat ini, serial tersebut kembali dihidupkan dalam program tayangan Laptop Si Unyil di salah satu stasiun televisi swasta. Tokoh Pak Ogah dengan suara yang khas menjadi ciri tersendiri.