Warga Jawa Timur Berikan Donasi untuk Palestina Melalui ACT

Surabaya, relawan.id – Dukungan untuk Palestina terus mengalir dari masyarakat Indonesia. Kamis (3/6/2021), dukungan secara langsung disampaikan oleh warga Jawa Timur untuk membantu proses pemulihan Palestina. 

Diwakili oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bantuan kemanusiaan sebesar Rp5 miliar diberikan warga Jawa Timur untuk warga Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap. Dalam serah terima yang dilakukan di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tersebut, Khofifah menyatakan rasa duka yang teramat dalam untuk seluruh warga Palestina yang terdampak agresi Israel. Ia juga beharap bantuan dari warga Jawa timur ini bisa berguna cukup besar untuk Palestina.

“Subhanallah angka yang cukup besar dikumpulkan warga Jawa Timur. Mudah-mudahan menjadi manfaat yang besar pula. Saya sudah melihat video kalau nantinya bantuan ini antara lain untuk membangun sektor pertanian. Baik itu pertanian sayur, kentang, hingga pohon zaitun. Tentunya inftrastruktur irigasinya juga akan sangant berguna untuk rumah-rumah warga,” ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga menyatakan apresiasinya terhadap ACT karena telah menjadi ‘konektivitas’ antara Indonesia dengan Palestina. “Sehingga memastikan infaq, sedekah, maupun wakaf bisa sampai kepada para penerima di Palestina dengan sebaik-baiknya. Seluruh elemen strategis ini mudah-mudahan bisa mewujudkan baldatun thoyyibatun warobbun ghofur (negeri yang baik yang diampuni Tuhan atau dalam falsafah Jawa gemah ripah loh jinawi),” ujar Khofifah. 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Presiden ACT Ibnu Khajar menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh warga Jawa Timur. “Warga Palestina harus tertatih-tatih untuk membangun kembali dari nol. Berkat bantuan seluruh warga Jawa Timur, maka proses pemulihan pun akan semakin cepat. Ini juga merupakan bukti kuatnya persaudaraan antara warga Indonesia dengan Palestina,” ucap Ibnu. 

Ia juga menyampaikan terima kasih karena warga Jawa Timur mempercayakan ACT untuk menyampaikan bantuan tersebut. Ibnu memastikan bahwa bantuan tersebut akan sampai ke warga Palestina lewat berbagai bantuan kemanusiaan, mulai bantuan pangan, medis, air bersih, pengadaan ambulans, hingga hunian untuk warga Palestina.