Bantu Palestina, Kedai Kebab Yasmin Galang Donasi Lewat Makanan

Banjarmasin, relawan.id – Berbagai dukungan untuk Palestina terus mengalir. Sebagian besar dukungan digalang oleh masyarakat dari beragam latar belakang dengan berbagai aksi. Mulai dari aksi damai hingga penggalangan dana di jalan.

Ikhsan yang kebetulan memiliki Kedai Kebab Yasmin, memilih menggalang dukungan untuk Palestina melalui makanan. Usaha di bidang kuliner sudah ia jalani selama setahun belakangan. Tak hanya kebab, beberapa menu makanan dan minuman juga dijual di kedai ini.

Ikhsan memaparkan, hasil penjualan makanan di kedainya sebagian didonasikan untuk membantu perjuangan rakyat Palestina, dengan berkolaborasi bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan. Kolaborasi ini pun sudah berjalan selama lima bulan terakhir.

“Kita berkolaborasi dengan ACT, karena mereka yang pertama kali menjembatani untuk membantu Palestina. Karena itu tumbuhlah kepercayaan kita ditambah feedback yang cukup bagus,” kata Ikhsan saat ditemui di kedainya, pertengahan Mei lalu.

Ikhsan sendiri mengaku belum pernah mengunjungi negeri Palestina. Ia hanya melihat kondisi Palestina yang diserang oleh Zionis Israel melalui media sosial. Kendati hanya melihat melalui layar digital, Ikhsan mengaku merasa miris. Misalnya ketika mengetahui penyerangan Masjid Al-Aqsa di tengah rakyat Palestina tengah menjalani ibadah di malam terakhir bulan Ramadan 1442 lalu.

“Karena di sana ada saudara-saudara kita yang merupakan sesama umat muslim yang tertindas di sana. Salah satu ulama mengatakan bahwa di daerah mana lagi yang disisakan untuk kita, selain di daerah Palestina utamanya Al-Quds. Di mana lagi kita akan beramal jariah untuk mereka?” imbuh Ikhsan.

Ia menambahkan, kendati tidak dapat membantu rakyat Palestina secara fisik, bantuan melalui doa dan dukungan finansial masih dapat digencarkan untuk Palestina. Hal ini menurutnya sudah cukup membantu rakyat Palestina yang masih berjuang membebaskan diri dari belenggu penjajahan Zionis Israel.

“Semoga rakyat Palestina tetap sabar dalam menghadapi ujian ini. Semoga Allah memberikan jalan terbaik untuk kita semua umat Muslim,” tuntas Ikhsan.

Terpisah, Kepala Cabang ACT Kalimantan Selatan Zainal Arifin mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh Ikhsan melalui Kebab Yasmin merupakan langkah yang baik. Karena banyak cara yang ditempuh oleh lapisan masyarakat dalam menggalang dukungan untuk Palestina. 

“Dengan berjualan makanan dan mendonasikan sebagian keuntungannya untuk membantu rakyat Palestina merupakan salah satunya. Kita mengapresiasi apa yang diupayakan oleh Kebab Yasmin ini,” pungkas Zainal.