MRI-ACT Kota Tangerang Buka Dapur Umum untuk Warga yang Sedang Isoman

Tangerang, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kota Tangerang membuka dapur umum di kawasan  pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Jumat (11/6/2021).

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyatakan, 34 dari 47 warga di RT 01, 02, dan 03 di RW 04 Kampung Rawacana, Kelurahan Gandasari, positif Covid-19.

Dapur umum ini, rencananya akan digunakan untuk mengurangi beban warga yang terpapar Covid-19 ataupun yang sedang melakukan isola mandiri.


“Kegiatan hari ini yaitu kita dan warga sekitar membuka dapur umum bersama MRI-ACT, agar Kampung  Rawacana dapat bangkit melawan Covid-19,” ungkap Maryadi wakil RW 03 kelurahan Gandasari.

Ia menambahkan, walaupun saat ini sudah ada yang di perbolehkan pulang dari karantina, akan tetapi kita dan warga tetap membantu dengan membuka dapur umum ini.

MRI-ACT mengadakan dapur umum ini karena banyaknya keluhan dan laporan warga yang sudah tidak bisa berkativitas seperti biasanya karena wilayah tempat tinggalnya yang terkena lockdown skala mikro.

“Kami bertindak karena mendapatkan laporan dari warga yang sudah tidak bisa beraktivitas kembali seperti bekerja, ataupun aktivitas pada biasanya, maka dari itu kami bersama warga RW 03 kelurahan Gandasari mendirikan dapur umum ini,” ujar Ihvan Rivana relawan MRI-ACT Kota Tangerang.

Tidak hanya karena kampung ini terkena lockdown saja, akan tetapi sebelumnya sudah terjalin kerja sama antara warga dan MRI-ACT dalam program lumbung sedekah pangan yang sudah berjalan tujuh bulan ini.

“Jadi kita sudah ada program di sini yaitu lumbung sedekah pangan sebelumnya yang mana program tersebut kita laksanakan sebulan sekali bersama warga di sini dengan membagi-bagikan makanan kepada warga yang sudah berjalan tujuh bulan ini,” pungkasnya.