Antisipasi Kekeringan, MRI-ACT Sukabumi Bangun Sumur Wakaf

Sukabumi, relawan.id – Sebagian wilayah di Jawa Barat atau Jabar telah memasuki musim kemarau dan diperkirakan terus meluas. Sebagian lainnya masih berada di penghujung musim hujan termasuk Sukabumi, sehingga diperlukan antisipasi bencana, kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan

Untuk mengantisipasi hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) membangun sumur wakaf untuk masyarakat di Kampung Cihuni, Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. 

Salah satu warga menyebut, Kampung Cihuni adalah salah satu kampung yang selalu kesulitan air bersih apalagi jika sudah memasuki musim kemarau, sumur-sumur di sana pasti kering. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan air bersih, mereka harus berjalan berikilo-kilo meter agar mendapatkan air atau membeli air.

Dan tentunya jika kemarau makin panjang maka makin panjang pula mereka harus menyiapkan uang untuk membeli air, smentra ekonomi warga disana tidaklah semunya mampu.

“Proses pembangunan sumur wakaf di Kampung Cihuni baru melakukan tahap sosialisasi kepada masyarakat, pada kegiatan itu dihadiri sebagian warga dan tokoh masyarakat. Pada kesempatan itu juga diperkenalkan kapada warga, apa itu ACT dan diarahkan juga warga agar bersyukur menerima sumur wakaf ini dengan cara ikut bergotong royong dalam pembangunan ini,” ujar relawan MRI, Abdul Ismail, Rabu (16/6/2021).

Mendengan akan dibangun sumur wakaf, warga pun gembira dan siap untuk gotong royong dalam pembangunan sumur wakaf, tak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada ACT dan dermawan yang telah mewakafkan rezekinya untuk warga di sana.

“Tak lupa juga mereka berjanji akan menjaga dengan baik sumur wakaf itu agar senantiasa terus mengalir selamanya sampe anak cucu mereka harus merasakan manfaat sumur wakaf yang telah donatur berikan kepda kami melalui ACT,” ujar salah satu tokoh setempat.