Edukasi Masyarakat, MRI-ACT Kalsel Pasang Marka Evakuasi

Kalsel, relawan.id – Masyarakat Realwan Indonesia (MRI-ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan pemasangan Marka Evakuasi di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang merupakan daerah rawan bencana, pada Ahad (20/6/2021).

Pemasangan tersebut bertujuan untuk edukasi terhadap masyarakat tentang tanda peringatan dan jalur-jalur aman ketika terjadi bencana atau sesuatu yang membahayakan masyarakat di sana. Apalagi, sebelumnya di lokasi tersebut merupakan zona bahaya, karena sempat mendapatkan dampak besar ketika terjadi banjir bandang yang luar biasa 14 Januari yang lalu.

“Alhamdulilah, Tim MRI-ACT telah selesai memasang Rambu Jalur Evakuasi di Desa Alat RT 3,4,5. Di mana tujuannya agar warga di desa tahu dan tidak bingung lagi untuk menuju tempat yang aman untuk menyelamatkan diri dan berkumpul apabila terjadi hal yang serupa,” kata Riadi selaku Koordinator Tim.

Dalam kegiatan tersebut turut pula dibantu oleh rekanan BPBD HST, BALAKAR 654 Murakata, serta rekanan dari BPK Tanjung Pura selaku yang lebih tahu zona-zona wilayah tersebut. Terlebih lagi, ketika terjadi bencana banjir sebelumnya, mereka sudah memetakan wilayah yang ada disana.

Diketahui, dalam hal penyediaan Marka Evakuasi tersebut turut didukung oleh mitra PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) yang merupakan donatur dalam pengadaan tersebut.

“Pemasangan jalur evakuasi ini sangat bermanfaat bagi warga untuk siap siaga menghadapi kalau ada ciri ciri terjadinya bencana bisa menyelamatkan diri sesuai arahan yang ada. Hal ini juga sangat membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat dalam menghadapi bencana,” tutur Ipan anggota BPBD Kabupaten HST yang ada di lokasi tersebut.

Pada kesempatan itu, Sahlan selaku Ketua RT 03 Desa Alat menyampaikan bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya pemasangan tersebut. Dengan adanya itu, mereka langsung paham dan jelas mengetahui lokasi mana saja yang aman dan yang membahayakan disekitarnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada MRI-ACT Kalsel, serta para relawan yang membantu dalam memberikan Marka Evakuasi serta edukasi ini. Semoga dengan adanya ini, masyarakat lebih sadar dan hati-hati untuk kedepannya,” tutupnya.