ACT Bantu Pendidikan Masa Depan Rakyat Palestina

Jakarta, relawan.id – Akses pendidikan yang layak sangat sulit bagi masyarakat di negara-negara terpapar konflik kemanusiaan, termasuk di Palestina. Kondisi sosial ekonomi keluarga, kualitas pendidikan yang jauh dari harapan, hingga guncangan konflik bersenjata yang dilakukan Israel adalah penyebabnya. Padahal, masyarakat Palestina mampu menempuh pendidikan sampai jenjang Universitas.

Hal ini melatarbelakangi Aksi Cepat Tanggap untuk membantu pendidikan dan masa depan rakyat Palestina. Pada hari Rabu (23/6/2021) tepatnya di Kantor Pusat ACT Jakarta, Presiden ACT Ibnu Khajar secara simbolis memberikan beasiswa Pendidikan Doktor (S3) kepada salah satu warga negara Palestina yakni dr. Amin Alnawajha.

Amin Alnawajha yang seorang dokter merupakan warga negara Palestina kelahiran Rafah, Gaza pada 10 Juli 1974. Saat ini, dirinya masih menempuh studi jenjang S3 bidang Ilmu Biomedik di Universitas Brawijaya Malang. Sebelumnya, dr. Amin menyelesaikan pendidikan Magister di universitas yang sama.

Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, beasiswa ini sebagai wujud kepedulian ACT terhadap kondisi kesehatan rakyat Palestina. “Awalnya ACT berencana mendatangkan tenaga medis ke jalur Gaza, namun hal ini sulit untuk dilakukan karena akses masuk dan keluar Gaza sering ditutup. Satu-satunya jalan untuk membantunya adalah putra-putri terbaik Palestina harus disiapkan menjadi tenaga medis,” ucap Ibnu.

Ibnu Khajar mengatakan, pemberian beasiswa kepada dr. Amin adalah sebuah ikhtiar dan kepedulian ACT bagi masa depan rakyat Palestina. Ibnu juga berharap, disiplin bidang Ilmu Biomedik yang ditempuh dr. Amin akan membantu saudara-saudara kita di Palestina. Nantinya setelah lulus dari program S3, dr. Amin akan didapuk menjadi super volunteer tenaga medis untuk mengabdi di tanah kelahirannya.

Sementara itu, dr. Amin merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada ACT atas bantuan beasiswa pendidikan yang diberikan. Dirinya juga merasa bersyukur atas kepedulian sahabat dermawan Indonesia yang sangat peduli kepada rakyat di Palestina. “Insyaallah saya juga siap untuk menjadi super volunteer di Gaza nanti”, ungkap dr. Amin. Saat ini, dalam bantuan hal medis, ACT telah membangun Klinik di Gaza Palestina dan  di Al Quds serta mempersiapkan total 12 ambulans untuk Palestina.