Ingin Qurban Setiap Tahun, Ini Tipsnya

Jakarta, relawan.id – Hari Raya Idul Adha jadi momen umat muslim untuk berqurban, mulai dari qurban sapi, kambing, dan domba. Tentu biaya membeli hewan qurban harus disiapkan dari jauh-jauh hari.

Perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari mengatakan bisa ditabung setiap bulan jika berniat untuk berqurban untuk tahun depan. Jika diasumsikan hewan qurban seharga Rp 2 juta maka yang bisa ditabung sebanyak Rp 250 ribu per bulannya.

“Itu bisa disisakan dalam tabungan terpisah atau dalam dana darurat. Pokoknya jangan diambil sebelum waktunya,” katanya, Kamis (24/6/2021).

Selanjutnya, bisa menyisihkan sebagian dari THR yang didapat saat lebaran Idul Fitri. Teja menyarankan untuk menyisihkan setengah dari THR dan sisanya bisa ditabung selama setahun ke depan.

“Jadi tabungan selama setahun ke depan lebih ringan, minimal tadinya Rp 250 ribu menjadi Rp 150 ribu aja,”jelasnya.

Lebih lanjut, Teja mengatakan agar masyarakat jangan memaksakan diri untuk berqurban jika keuangannya belum memadai, bahkan jangan sampai mengganggu pos keuangan lainnya.

“Ini kan nggak wajib, jadi kalau tabungannya nggak ada, dan memang belum disiapkan jangan sampai menyusahkan diri sendiri. Tentunya jangan sampai mengganggu dana pendidikan anak-anak, itu kan juga kewajiban kita juga,” pungkasnya.