Gerakan Kerelawanan untuk Palestina

Kalsel, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) hingga kini terus melakukan penggalangan dana untuk warga Palestina yang sedang kesulitan, mengingat serangan demi serangan dilancarakan zionis Israel sehingga mengakibatkan banyak korban jiwa.

Relawan MRI-ACT bersama Aliansi Aksi Solidaritas Palestina berhasil mengumpulkan dana sekitar 251 juta. Sebagai simbolis, Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh Rusli menyerahkan donasi bantuan kemanusiaan bagi Palestina kepada Koordinator MRI-ACT Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (25/6) di Panggung Pantai Pagatan.

Dalam laporannya, Koordinator MRI-ACT Tanbu Anjar Sufangat menyampaikan, berawal dari tujuan yang sama yaitu membantu saudara di Palestina, maka digagaslah kegiatan itu. Karena konflik di Palestina bukanlah masalah agama, akan tetapi masalah kemanusiaan.

Adapun aksi tersebut dilaksanakan selama 8 hari, dari 30 Mei hingga 6 Juni 2021 di jalan utama di beberapa kecamatan yang ada di Bumi Bersujud. Dari penggalangan dana yang dilakukan oleh aliansi itu, berhasil dikumpulkan donasi dari warga masyarakat sejumlah Rp 251.005.899.

Dalam kesempatan itu, Muh Rusli memberikan apresiasi kepada MRI-ACT Tanbu bersama dengan sekitar 40 organisasi, lembaga, yayasan dan komunitas yang tergabung dalam aliansi aksi penggalangan dana solidaritas.

Sebagaimana diketahui bersama, kondisi Palestina masih menjadi permasalahan global yang ramai dibicarakan hingga saat ini. Apalagi pasca serangan yang telah menyebabkan kerugian yang sangat besar, melukai ribuan orang bahkan mengakibatkan kematian termasuk anak-anak dan wanita.

“Oleh karena itu, dengan diberikannya bantuan berupa donasi ini, semoga dapat membangun gerakan masyarakat sipil dunia yang terorganisir dalam membantu Palestina,” ujarnya.

Ia berpesan kepada MRI-ACT Kalsel agar bantuan yang diberikan dapat berguna dengan sebaik-baiknya membantu saudara di Palestina dalam kelangsungan hidup mereka. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh aliansi aksi solidaritas galang dana terkait, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua,” tutupnya.