Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Jadi Relawan

Jakarta, relawan.id – Mendengar kata relawan tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat khususnya di kalangan pelajar atau mahasiswa. Kegiatan kerelawanan biasa disebut sebagai volunteer. Artinya, sebagai seorang relawan turut ambil bagian untuk melakukan sesuatu atas niat kemanusiaan dan secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Selain meningkatkan rasa humanis dan kepekaan terhadap lingkungan sosial, ada berbagai manfaat dan pentingnya menjadi relawan di berbagai bidang dalam lingkup sosial yang benar-benar membutuhkan bantuan dan keringanan. Berikut manfaat maupun pentingnya menjadi seorang volunteer.

Melayani orang lain sama dengan melayani diri sendiri pada saat bersamaan

Tanpa disadari pada saat menjadi relawan sama dengan melayani orang lain. Ketika mampu membuat seseorang lain jadi bahagia, rasa bahagia pun muncul pada diri kita karena menularkan sikap positif.

Membangun hubungan dengan orang lain

Manusia merupakan makhluk sosial yang senang menjalin relasi dengan orang lain. Ia akan sehat jika berhubungan dengan makhluk hidup lain apalagi manusia. Tapi ketika dirinya menutup diri terhadap manusia lain ini artinya jiwanya sakit.

Menambah keahlian dan keterampilan

Semakin sering kita membantu orang lain sesuai dengan keahlian yang kita miliki dalam bidang tertentu. Kita tentunya makin mahir dalam bidang tersebut. Ratih mencontohkan seorang dokter yang menjadi relawan yang melakukan bedah bibir sumbing.

“Kalau di klinik dia mungkin hanya melakukan 3-4 pasien, tapi saat menjadi relawan ia melakukan pembedahan pada puluhan pasien. Tentu saja hal ini membuat ia makin jago dalam menangani hal tersebut,” ungkap psikolog lulusan UI ini.

Belajar sesuatu yang baru

Menjadi seorang relawan itu seperti mencari jodoh, mencoba jadi relawan di sana atau di sini. Hingga akhirnya merasa nyaman dengan sebuah tempat di mana kita mengabdi menjadi relawan. Nah, pada saat menjadi relawan kita ditantang untuk melakukan sesuatu atau berbagai hal baru. Hal ini tentunya melatih kita untuk terus berkembang.

Menyenangkan dan memberi kepuasan

Disaat kita mampu melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain akan memberikan kepuasan batin tersendiri. Begitu pula dengan orang yang kita tolong akan turut merasa senang.

Baik untuk pikiran

Setiap orang pasti senang disapa, diajak berbicara. Hal ini mampu membuat pikiran kita jadi bahagia dan selalu berpikir positif.

Meningkatkan kesehatan fisik

Kesehatan fisik akan terbentuk dengan menjadi relawan, jika benar-benar dilakukan dengan niat yang tulus tanpa pamrih. Orang-orang yang selalu bahagia sel-sel tubuhnya tumbuh akan dengan baik. Hal tersebut membuat imun seseorang jadi lebih meningkat.

Lebih mengerti arti kerja keras

Dalam kegiatan kerelawanan, kita dituntut untuk bekerja dan berusaha keras meski tanpa imbalan. Kita justru dituntut untuk bekerja secara total dalam mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran dan tidak bekerja asal-asalan.

Siap dengan kondisi apapun

Banyak orang yang meras tidak yakin dapat menjadi seorang relawan karena ketidaksiapan dalam menghadapi situasi atau tidak bisa survive dalam suatu kondisi.

Dapat menambah banyak pengalaman

Menjadi seorang volunteer akan membuka pikiran dan wawasan kita bertambah termasuk dalam menyikapi sebuah permasalahan. Dari sini, kapasitas dan kapabilitas kita akan lebih terasah dan mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi di kemudian hari.