Peran Relawan di Masa Pandemi Covid-19

Jakarta, relawan.id – Sudah hampir 2 tahun pandemi Covid-19 melanda dunia. Selama itu pula, kita mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menekan laju infeksi virus corona.

Mau tak mau, banyak kegiatan yang harus tertunda, salah satunya adalah kegiatan kerelawanan (Volunteer) yang biasanya leluasa diikuti saat sebelum pandemi. 

Bagi kamu yang gemar mengikuti kegiatan sosial, kondisi ini pasti terasa memberatkan. Namun, pandemi ini ternyata menciptakan kegiatan relawan baru yang sebelumnya belum banyak dilakukan, lho. Kamu pun masih bisa berkontribusi sebagai volunteer di kegiatan kerelawanan tertentu.

Apa saja kegiatan relawan yang bisa kamu ikuti? Simak rangkuman yang telah relawan.id rangkum berikut ini!

Menjadi relawan dalam program penggalangan dana

Hampir semua orang terdampak pandemi, baik itu secara ekonomi, psikis, maupun fisik. Karena itu, muncul banyak gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu mereka yang terdampak dengan cara mengumpulkan donasi. Kamu pun bisa berkontribusi dengan cara ini untuk membantu orang-orang di lingkungan sekitarmu. 

Ikut membagikan masker, makanan pokok, ataupun alat kebersihan

Kondisi krisis yang disebabkan pandemi membuat sebagian orang  kehilangan mata pencaharian. Hingga akhir Juli silam, data Kemenaker mencatat ada lebih dari 3,5 juta pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan. Hal itu menyebabkan mereka yang terdampak pandemi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, mulai dari bahan makanan pokok hingga alat-alat kebersihan. 

Melihat kondisi tersebut, tak sedikit kegiatan sosial yang membagikan makanan pokok beserta alat-alat kebersihan. Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu bisa membantu mereka yang terdampak ekonomi selama pandemi.

Menjadi volunteer mengajar dari rumah

Kegiatan pengajaran adalah salah satu yang terdampak kondisi pembatasan sosial selama masa pandemi. Kondisi ini menyebabkan  pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus dilakukan diantara pengajar dan pelajar. Nah, kamu pun bisa ikut berkontribusi untuk mengajar dari rumah secara daring kepada anak-anak yang membutuhkan pengajaran tambahan, lho. 

Berperan sebagai relawan pengujian spesimen Covid-19

Pemerintah terus meningkatkan target pengujian spesimen Covid-19. Untuk memenuhi target tersebut, pemerintah pun akan merekrut relawan dengan latar belakang pendidikan magister biologi molukuler, keperawatan, kebidanan, dan kesehatan masyarakat untuk membantu jalannya pelacakan dan pengujian spesimen di lapangan. 

Itulah kegiatan yang kerelawanan yang tetap bisa kamu ikuti selama pandemi. Kamu tetap bisa berkontribusi dan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain di tengah situasi krisis, bukan?