Pandemi Belum Selesai, Yuk Taati Prokes Mulai Dari Diri Sendiri

Jakarta, relawan.id – Masifnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia menjadi satu sorotan public. Sebab, angka kasus infeksi Covid-19 yang kian bertambah setiap harinya. Indonesia mencatatkan dua rekor baru terkait kasus virus corona pada Rabu (7/7/2021), Pertama adalah rekor kasus Covid-19 harian tertinggi, dengan 34.379 kasus baru, sehingga total kasus menjadi 2.379.397 kasus. Rekor kedua tercatat setelah 1.040 kematian dilaporkan di hari yang sama, meningkat tajam dari 728 kematian di hari sebelumnya. Kini, kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 62.908 kasus.

Meski jumlah kasus terus meningkat, tapi masih banyak masyarakat yang enggan menerapkan protokol kesehatan seperti  memakai masker. Padahal, memakai masker merupakan hal termudah dan termurah yang dapat kita lakukan untuk menjaga diri dan orang lain.

Beberapa alasan seseorang enggan memakai masker, menganggap Covid-19 tidak berbahaya. Padahal faktanya, Covid-19 telah memakan banyak korban dan dapat menyerang semua usia. Oleh karena itu, dengan semakin mewabahnya virus corona dan banyaknya korban yang berjatuhan, sudah saatnya kita untuk peduli terhadap protokol kesehatan.

Kini, tiap individu dituntut untuk memiliki kesadaran diri terhadap kesehatan diri sendiri. Selain itu masyarakat dituntut untuk memiliki tanggung jawab terhadap pencegahan penyebaran virus Covid-19 tersebut diwilayahnya masing-masing.

Meski vaksinasi terus digalakkan oleh pemerintah, masyarakat tetap dihimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Yuk, mulai sekarang kita lebih menjaga diri kita dari penularan Covid-19, kalau bukan dari kita, siapa lagi.

Mulai dari diri sendiri

Pencegahan Covid-19 dapat dilakukan mulai dari diri sendiri. Jadi tidak seharusnya kita berpikir bahwa tidak akan tertular tetapi harus berpikir bagaimana jika kitalah orang yang menularkan virus tersebut. Melihat semakin banyaknya orang yang menjadi korban Covid-19 harusnya kita semakin sadar apa pentingnya protokol kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain. Entah apa yang membuat banyak orang mulai mengabaikan protokol kesehatan ini khususnya penggunaan masker yang sudah mulai diabaikan.

Jika kita sendiri tidak mulai sadar tentang betapa pentingnya protokol kesehatan maka siapa yang harus bertanggung jawab nantinya jika pandemi ini akan berlangsung lebih lama dan kita diharuskan bekerja dan bersekolah dalam jaringan. Apakah tidak bosan dengan keadaan yang seperti ini? Juga selalu merasa khawatir tiap kali bertemu orang baru atau akan berpergian ke suatu daerah dikarenakan virus yang sedang naik daun ini. Setidaknya jika kita sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan ini diri kita sendiri sudah menyelamatkan diri dan orang-orang terdekat.

Jangan Abai Terhadap Protokol Kesehatan

Kurangnya kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan menjadi bumerang tersendiri bagi lingkungan masyarakat tersebut. Protokol kesehatan yang seharusnya diterapkan di tengah pandemi seperti ini, patuhi dengan baik dan tidak boleh dilanggar sama sekali.

Pentingnya menerapkan protokol kesehatan itu sendiri tentu saja bukan semata-mata untuk formalitas saja tetapi untuk melindungi diri kita dan juga orang lain yang mungkin melakukan kontak dengan kita. Sangat miris ketika banyak orang-orang atau masyarakat sekitar kita yang mengabaikan penerapan protokol kesehatan itu sendiri seperti enggan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Protokol kesehatan sendiri diperuntukkan untuk menjaga kita dari serangan-serangan penyakit seperti virus yang sekarang sedang mebawah dan bahkan semakin banyak memakan korban dari waktu ke waktu. Masih banyak sekali masyarakat yang acuh dengan penggunaan masker dikarenakan mereka menganggap hanya berada di suatu wilayah dan hanya bertemu dengan kerabat-kerabat dekat sehingga tidak perlu menggunakan masker. Virus Covid-19 menyebar dari satu orang ke orang lain dalam jarak dekat.

Penyebarannya serupa dengan penyakit pernapasan lain, seperti flu. Droplet atau percikan dari air ludah atau ingus orang yang terinfeksi terlontar ketika bersin atau batuk. Bila mengenai orang lain, terutama bagian wajah, droplet ini berpotensi membuat orang tersebut turut terinfeksi karena virus bisa masuk ke tubuh lewat hidung, mulut, bahkan rongga mata. Oleh karena itu, jangan pernah abai terhadap protokol kesehatan.

Covid-19 Itu Nyata

Banyak sekali masyarakat yang menganggap bahwa pandemi ini hanyalah sebuah konspirasi semata. Padahal sudah banyak sekali rakyat Indonesia bahkan dunia yang menjadi korban dari pandemi virus ini. Padahal dari hal yang sekecil itu, dengan kita acuh menggunakan masker atau acuh dengan protokol kesehatan lainnya bisa saja berdampak besar bagi orang sekitar kita dan tentunya untuk diri kita sendiri dan keluarga.

Oleh karena itu kita semua harus lebih berhati-hati lagi dan lebih waspada terhadap Covid-19 ini, kita semua harus lebih meningkatkan lagi protokol kesehatannya. Agar kita tidak mudah terkena Covid-19 tersebut kita harus menjaga imunitas tubuh kita agar tetap sehat dan kuat dengan cara melakukan penerapan prokes (Protokol Kesehatan)setiap harinya.

Ada banyak yang harus kita lakukan untuk mencegahnya yaitu dengan cara rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, setelah bepergian kita harus langsung mandi dan baju tersebut harus langsung direndam, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, pola hidup sehat.