HMS-ACT Bantu Warga yang Sedang Menjalani Isoman di Rumah

Jakarta, relawan.id – Kasus Covid-19 yang semakin melonjak tajam di Indonesia, membuat masyarakat diambang kekhawatiran. Per 23 Juli 2021, Kementerian Kesehatan merilis kasus aktif Covid-19 bertambah 49.071 orang, yang mana menambah total jumlah kasus menjadi 3.082.410 orang.

Penambahan jumlah kasus Covid-19 berdampak pada semakin banyaknya pasien Covid-19 di setiap rumah sakit rujukan atau pun yang memutuskan menjalani isolasi mandiri di rumah. Tak jarang, banyaknya masyarakat yang begitu sulit memperoleh akses pelayanan kesehatan yang memadai.

“Sekarang laju peningkatan kasus Covid-19 semakin tinggi, yang mana membuat rumah sakit menjadi over kapasitas dan tenaga kesehatan banyak yang tumbang. Banyak saudara kita di luar sana yang memiliki keterbatasan saat isoman, tidak bisa keluar beli obat dan tidak bisa memperoleh informasi kesehatan yang tepat,” ungkap Koordinator Program Covid-19 Medical Careline Services (HMS) ACT dr. Arini Retno Palupi,  Jumat (23/7/2021).

Saat ini, Covid-19 Medical Careline Services (HMS) ACT telah menjangkau pelayanan kesehatan gratis berupa konsultasi kesehatan, obat-obatan, keperluan mobil ambulans, dan layanan perawatan di rumah (home care) didampingi Dokter dan Perawat dari Tim Covid-19 Medical Careline Services (HMS) ACT.

Tak cukup hanya itu saja, dr. Arini mengungkapkan, Covid-19 Medical Careline Services (HMS) ACT menginisiasi kehadiran pelayanan kesehatan terbaru yakni ambulans motor dan ambulans jenazah.

“Saat ini kita punya dua unit ambulans yang advance, yang telah digunakan untuk perujukan pasien dari rumah ke rumah sakit atau pun untuk layanan homecare. Selain itu, dalam waktu dekat kita akan punya ambulans jenazah dan ambulans motor, ini sebagai unit respons yang lebih cepat untuk menjangkau sahabat dermawan semuanya,” pungkas dr. Arini.

Adanya Covid-19 Medical Careline Services (HMS) ACT sejak 6 Juli lalu, diakui dr. Arini sangat membantu masyarakat utamanya yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. “Hampir semua masyarakat kaget dengan adanya program ini, bahkan sampai ada yang tanya bayar berapa pelayanan konsultasi, obat-obatan, dan ongkos kirim, saya langsung jawab ini semuanya gratis,” tutur dr. Arini.

Covid-19 MCS merupakan layanan telemedisin atau layanan kesehatan tanpa membebani biaya perawatan atau pengobatan kepada masyarakat. Covid-19 MCS bisa diakses melalui sambungan telepon ke nomor 021-2940-7165 setiap hari pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.