Tebar Kebahagiaan, MRI Bangka Distribusikan Daging Kurban di Desa Sempan

Bangka, relawan.id – Kebahagiaan Iduladha hadir di antara para mualaf yang ada di Desa Sempan, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka. Uniknya, kurban ini merupakan hasil dari sedekah sampah yang diinisiasi oleh Masjid Kayu Al-Bina Desa Sempan.

Adanya sedekah sampah ini hasil sinergi dengan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Desa Sempan, Komunitas BECAK Bangka Belitung, Tumpah.id Bangka Belitung, Tinskubator, dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Bangka. Pengumpulan dilakukan sejak bulan Maret lalu. Sampah yang dikumpulkan setiap hari Jumat tersebut, kemudian dijual ke pengepul dan hasilnya dibelikan hewan kurban untuk masyarakat.

“Alhamdulillah kurban dua ekor sapi tahun ini merupakan hasil dari pengumpulan sedekah sampah dari masyarakat selama tiga bulan, yaitu bulan Maret hingga bulan Juli. Kami berharap semoga tahun depan bisa berkurban lebih banyak lagi,” ungkap Nomo perwakilan dari Binmas Desa Sempan pada Selasa (20/7/2021) lalu.

Kegiatan telah mengikuti standar protokol kesehatan dan pemotongan hewan kurban juga dilakukan oleh anggota  Juru Sembelih Halal Indonesia. Pendistribusian daging hewan kurban kemudian menyasar masyarakat mualaf, keluarga prasejahtera, lansia, dan santri yang ada di pesantren.

“Biasanya kami hanya makan daging saat Idulfitri dan Iduladha, jadi kami sangat senang mendapatkan daging kurban tahun ini. Di Kampung Mualaf, Desa Sempan sendiri, ini merupakan kurban kedua yang pernah dilakukan,” ucap Asap Subroto salah satu mualaf.

Melihat peranan berbagai komunitas dalam menyemarakkan Iduladha pada tahun ini, Arinda sebagai Head of Volunteer MRI Bangka pun turut memberikan apresiasinya. “Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah berikhitar dan melaksanakan kurban melalui sedekah sampah ini. Semoga dapat menebar kebahagiaan dan kebermanfaatan untuk masyarakat di Desa Sempan” ungkap Arinda.