Bantu Terdampak Pandemi, Relawan MRI Sisir Orang Lapar

Jakarta, relawan.id – Dampak pandemi Covid-19 di Indonesia paling dirasakan oleh masyarakat kalangan bawah. Tepatnya, mereka yang harus bekerja di lapangan. Mereka bingung penghasilan semakin sulit karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), langkah tersebut diambil untuk menekan jumlah kasus positif Covid-19 yang hingga saat ini masih terus bertambah.

Anjuran pemerintah terkait PPKM ini dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 berdampak buruk bagi banyak orang. Terutama mereka yang berprofesi sebagai pekerja informal hingga buruh berstatus alih daya, pedagang sepi pembeli.

Kondisi tersebut dapat membuat warga tidak bisa makan karena tidak ada penghasilan, Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) akan mensupport program turunan Operasi Makan Gratis (OPG) Aksi Cepat Tanggap (ACT) yaitu Operasi Orang Lapar. Program ini untuk masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama makan agar tidak kelaparan.

“Program ini diluncurkan bagi masyarakat luas yang mengalami dampak melonjaknya kasus Covid-19. Bagi mereka yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makanan, kami hadir untuk menolong melalui Program Operasi Makan Gratis,” ujar Presiden ACT, Ibnu Hajar, Senin (26/7/2021).

Ibnu menambahkan, masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan makan bagi dirinya dan keluarganya, diundang untuk menelepon Food Careline Services atau layanan makan gratis milik ACT dan MUI di nomor 0800-1-165-228.

“Setelah tim kami menerima telepon, maka makanan akan diantar kepada mereka. Makanan dan layanan antar, kami berikan secara gratis,” ujar Ibnu.

Makanan akan disiapkan melalui warteg terdekat si penelepon untuk diantar ke rumah. ACT sendiri telah bermitra dengan banyak warteg untuk menyediakan makanan yang akan diteruskan kepada mereka yang membutuhkan.

Namun buat warga yang harus bekerja keluar rumah dan makan tidak tersedia, atau tidak punya telepon untuk menghubungi Food Careline Services, maka ACT menyediakan kendaraan khusus yang disebar ke seluruh Indonesia untuk menyediakan makanan. Food truck ini akan mendekati sentra-sentra kerja, seperti pabrik atau pasar, sehingga memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.

“Food truck kami akan mendekati tempat-tempat kerja dan siap melayani masyarakat,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Ibnu mengajak para donatur untuk ikut serta dalam program ini melalui beras atau bahan makanan lain. Makanan dan beras yang akan didonasikan bisa diserahkan ke warteg-warteg mitra ACT, yang tersebar di banyak tempat.