Relawan MRI Antarkan Paket Nutrisi untuk Warga Terdampak Covid-19

Banjarmasin, relawan.id – Banyak warga masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya di Kota Banjarmasin yang terdampak pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Hal ini berimbas pada aktivitas warga yang terhambat karena harus tetap berada di rumah.

Melihat problematika tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel terdorong untuk membantu warga yang menjalani terdampak pandemi. Bantuan yang dikirimkan berupa paket nutrisi seperti buah-buahan, jahe merah, susu dan madu.

Menurut Staf Program ACT Kalsel Muhammad Rizki, ide untuk mengirimkan paket nutrisi ini berangkat dari semakin banyaknya warga yang terdampak pandemi Covid-19. Tak hanya bantuan pangan saja kemudian yang dibutuhkan oleh warga, tetapi juga asupan nutrisi tambahan yang cukup.

“Mengapa kita beri asupan nutrisi? Tujuannya untuk meningkatkan imunitas bagi warga, agar tetap sehat dan mencegah terpapar dari Covid-19,” kata Rizki pada Kamis (29/7) siang.

Bantuan nutrisi sendiri, dikemas dalam bentuk tas yang kemudian diantarkan ke rumah warga yang terdampak. Hanya saja, bantuan diantar hanya sampai depan rumah warga. Tentunya, dalam pengantaran bantuan nutrisi, relawan yang bertugas tetap berpedoman pada protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

“Relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalsel yang mengantarkan sampai ke depan rumah. Tentunya, dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang memadai. Selain itu kita sertakan sebuah kartu kecil yang tergantung di tas, yang berisi kalimat motivasi dan doa-doa kesembuhan,” jelas Rizki.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin menambahkan, program bantuan nutrisi ini merupakan yang pertama kalinya digalakkan. Zainal berharap program ini dapat berjalan dengan maksimal, sehingga semakin banyak warga terdampak pandemi yang tetap terjaga kesehatannya.

“Karena dengan dukungan asupan pangan saja tidak cukup untuk warga terdampak pandemi. Sehingga kita perlu dukung juga dengan asupan nutrisi terbaik. Agar kesehatan warga tetap terjaga,” tutur Zainal.

Ia menambahkan, kesempatan warga masyarakat yang ingin membantu sesama yang terdampak pandemi sangat terbuka. Di mana, bentuk bantuan yang diberikan pun tidak terbatas hanya pada bantuan pangan ataupun nutrisi saja.

“Sesuai dengan tema yang kita usung yaitu Darurat Solidaritas, kita harapkan semakin banyak warga yang terketuk hatinya untuk membantu sesama. Agar masyarakat semakin solid, dan menyelamatkan bangsa kita di masa-masa sulit seperti ini,” tuntas Zainal.