MRI Distribusikan Bantuan untuk Warga Terdampak Kebakaran

Lhokseumawe, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Lhokseumawe mendistribusikan bantuan pangan kepada korban kebakaran di Gampong Keude Cunda, Kota Lhokseumawe.

Koordinator Program MRI, Agus Saputra menerangkan, bantuan paket pangan itu terdiri dari beras, minyak sayur, telur ayam dan Air Minum Wakaf botol.

“Insyaallah bantuan dari sahabat dermawan ini amat membantu para korban,” kata Agus, Ahad (8/8/2021).

Agus menjelaskan, untuk saat ini korban kebakaran mengungsi ke tenda yang di bangun oleh pihak desa. Diharapkan dengan adanya bantuan berupa paket sembako ini, sedikit mengurangi beban korban kebakaran.

Sebelumnya, sebanyak 11 jiwa atau tiga kepala keluarga (KK) warga Gampong Keude Cunda Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, membutuhkan tempat tinggal yang layak. Pasalnya, tiga rumah warga berkonstruksi kayu itu ludes terbakar dan rata dengan tanah.

Untuk sementara waktu, mereka terpaksa harus tinggal di dalam tenda yang di dirikan tidak jauh dari lokasi rumah terbakar. Tepatnya, berada bekas komplek Cunda Plaza di Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Ke 11 jiwa warga itu yakni Indra (43) bersama istrinya Nurmala (38) dan tiga anaknya Widiya (15), Naila (13) serta Farhan (10). Kemudian, Jailani (28), Nila (26), Patani (25), Ami (28), Diki (35) dan Mila (30).

Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya mengatakan, pihaknya merasa prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa tiga rumah warga di Gampong Keude Cunda. “Persoalannya sekarang adalah kita tidak bisa membangun rumah baru untuk mereka, karena tanah bukan hak miliknya,”ucap Suaidi Yahya.

Begitu juga, lanjut dia, untuk merehab juga tidak bisa dilakukan akibat tidak memiliki tanah sendiri. Namun, Pemko Lhokseumawe akan mencari solusi lain agar kedepan mereka tidak lagi tinggal ditenda pasca rumahnya terbakar.