Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Mencapai 2.000 Meter

Lembata, relawan.id – Gunung Ile Lewotok, di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur kembali erupsi pada hari Rabu (11/8/2021) pukul 11.17 WITA. Berdasarkan keterangan yang diterima, Gunung Api terlihat jelas hingga tertutup Kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih, kelabu, hitam dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggi sekitar 2.000 m di atas puncak gunung.

Saat ini Gunung Ile Lewolotok berada pada tingkat aktivitas level III (Siaga). Gunung mengalami letusan juga disertai dentuman sedang hingga terdengar permukiman warga setempat. Adapun abu dengan intensitas tebal menuju ke arah selatan.

Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian mengatakan, rekaman seismograf pada 10 Agustus 2021 mencatat, satu kali gempa akibat erupsi gunung, disusul delapan kali gempa Hembusan dan  satu kali gempa Tektonik jauh. Ia pun mengingatkan akan potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernafasan.

“Masyarakat sekitar diimbau agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit,” katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (28/7/2021) lalu Gunung Ile Lewotolok mengalami erupsi sebanyak dua kali. Lava panas yang keluar dari mulut gunung menyebabkan kebakaran di hutan sekitar gunung yang memiliki ketinggian 1.423 meter di atas permukaan laut.