MRI Kepri Gelar Program Jumat Berkah untuk Warga Membutuhkan

Tanjungpinang, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kepulauan Riau menggelar program Jumat Berkah hingga edisi 100 pekan, Jumat (13/8/2021). Lewat slogannya “Berbagi tak perlu tunggu kaya.” MRI Kepri menjadi fasilitator para dermawan yang ingin berbagi.

Dari masjid ke masjid, dari kelurahan ke kelurahan, dan dari kecamatan ke kecamatan, ACT dan MRI Kepri tebar senyuman dan berkah untuk masyarakat Kota Tanjungpinang.

Ketua MRI Kepri Usnedi Syahputra mengatakan, aksi tersebut berlangsung setiap Jumat sejak ACT dan MRI terbentuk di Kota Tanjungpinang. Dengan usianya itu tentu tak sedikit masyarakat yang merasakan manfaatnya.

“Ini adalah edisi ke 100 Jumat. Alhamdulillah kita telah berbagi di setiap masjid se-Tanjungpinang yang telah mencapai 180 masjid,” jelas Usnedi usai menjalankan program Jumat Berkah ke-100 di Masjid Raya Agung Al-Hikmah Tanjungpinang, Jumat (13/8).

Setiap Jumat lembaga yang kerap kali melakukan aksi sosial dan kemanusiaan dapat membagikan 300 hingga 400 bungkus nasi kepada masyarakat. Selain dibagikan di masjid-masjid, uluran tangan dari para dermawan itu, juga dibagikan di jalan-jalan Kota Tanjungpinang.

Para dermawan atau donatur dapat mengulurkan tangannya melalui rekening maupun langsung mengarkan bantuan yang hendak dibagikan kepada ACT dan MRI di Masjid Raya Agung Al-Hikmah Tanjungpinang.

“Alhamdulillah untuk yang ditransfer itu dapat sekitar 100 paket. Sementara untuk masyarakat yang mengantarkan langsung dapat sampai dengan 200 paket. Hari ini spesial dapat hampir 570 paket,” tuturnya.

Selain membantu masyarakat umum, ACT dan MRI pun tidak lupa untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Seluruh sumbangan yang diberikan melalui rekening, maka akan dialokasikan kepada pelaku UMKM untuk pengadaan makanan dan minuman bagi masyarakat.

Usnedi pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang senantiasa berkontribusi dalam kegiatan bantu sesama yang diinisiasi ACT dan MRI tersebut.

“Berkat bantuan yang diberikan, ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang merasa terbantu terlebih lagi pada masa pandemi COVID-19 saat ini,” tegasnya.

Bagi ACT dan MRI, bersedekah merupakan hal yang harus kita lakukan dalam kondisi apapun. Dengan saling berbagi, setiap orang dapat mengahadirkan senyuman untuk setiap orang.

“Bersedekah itu tidak harus menuggu kaya, karena kita lihat banyak juga orang yang menerima sedekah adalah orang yang kaya,” tuturnya.

Selain program Jumat Berkah, ACT dan MRI masih miliki sejumlah program kemanusiaan yakni Sumur Wakaf, dan Operasi Pangan Gratis.

Salah seorang warga, Hartanto mengaku sangat terbantu sejak adanya program Jumat Berkah dari ACT dan MRI. Pria yang bekerja serabutan itu selalu menanti kegiatan kemanusiaan lainnya dari para dermawan melalui ACT dan MRI.

“Ya, ini sangat membantu. Apalagi masa pandemi ini. Sangat meringankan beban masyarkat,” ujar Hartanto.