MRI-ACT Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, relawan.id – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengakibatkan ratusan rumah di lima desa terendam banjir. 

Kapolsek Satui, AKP Parman mengatakan, ketinggian air sudah mulai naik sejak pagi hingga membuat sebagian warga yang terdampak terpaksa mengungsi.

“Ada 300 warga yang mulai mengungsi dan kemungkinan bisa bertambah jika hujan tak reda,” ujar AKP Parman, Sabtu (14/8/2021).

Desa-desa yang terendam merupakan desa yang berlokasi di dekat Sungai Satui yakni Desa Sinar Bulan, Desa Sungai Danau, Desa Jombang, Desa Satui Timur, dan Desa Sejahtera Mulia. 

“Yang terparah Desa Sungai Danau dan Desa Jombang dimana 202 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak,” jelasnya.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) hadir di titik bencana banjir di wilayah pesisir dataran rendah di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Mereka dengan sigap menyiapkan dan mendistribusikan bantuan yang diperlukan para korban banjir.

Tim Program ACT Kalimantan Selatan, Muhammad Rizki mengatakan para relawan MRI-ACT sudah hadir sejak banjir mulai memasuki rumah warga. Mereka membantu evakuasi serta mendistribusi bantuan mendesak seperti kebutuhan logistik.

“Logistik ini berupa popok bayi, pembalut wanita, makanan, ada roti dan makanan instan lainnya,” katanya.

Ia melanjutkan, saat ini Tim Tanggap Darurat (Disaster Emergency Response) ACT tengah mendirikan dapur umum dan distribusi bantuan darurat yang diperlukan. Kemudian dilanjutkan dengan pendataan dan pemeriksaan terhadap para penyintas.

“Sesuai arahan camat setempat, karena jumlah korbannya ratusan, kita akan gabung dapur umum di kecamatan tepat di Koramil,” katanya.

Sebelumnya, lima desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mengalami bencana banjir. Banjir diakibatkan curah hujan dengan intensitas tinggi sejak semalam hingga pagi ini.

Lima desa yang terdampak yakni Desa Sinar Bulan, Desa Sungai Danau, Desa Jombang, Desa Satui Timur dan Desa Sejahtera Mulia. Tak hanya itu, puluhan hektar lahan pertanian ikut terendam banjir dan berakibat gagal panen.