Warung Makan Relawan, Makan Secukupnya Bayar Seikhlasnya

Jakarta, relawan.id – Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan sendi kehidupan masyarakat. Masyarakat menengah kebawah kian mengalami kesulitan di tengah keterbatasan yang dialami. Sebab, sebagian dari mereka kini hidup tanpa pekerjaan, tanpa pemasukan. 

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Barat membuka Warung Makan Relawan dengan tagline Makan Secukupnya, Bayar Seikhlasnya. 

Head of Volunteer MRI Jakbar, Muhammad Taufiq mengatakan selain untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, warung ini juga bisa menjadi tempat berkumpulnya relawan dan tempat berkhidmatnya relawan.

“Jadi relawan di Jakbar akan berkumpul di sini, dia bisa memberikan sedikit yang dia punya, dari sisi uang tunai, waktu dan tenaga, untuk bersama-sama melayani masyarakat yang membtutuhkan,” ujar Taufiq, Senin (16/8/2021).

Taufiq melanjutkan, kenapa konsepnya warung? Karena pihaknya menyadari bahwa modal yang ada pada kita saat ini tidak begitu banyak, mengingat uang yang dikumpulkan hasil dari urunan relawan. 

“Kita berharapa mencari modal atau bisa memutarkan modal yang kita kumpulkan dengan nominal yang tidak terlalu besar dengan cara berbisnis dengan Allah, kenapa? Jadi kita memberikan makanan yang terbaik tapi masyarakat bisa membayar dengan seikhlasnya,” jelasnya.

“Antusias warga pun luar biasa, tapi kita tetap menerapkan protokol kesehatan, kita tidak mengizinkan warga makan di warung, jadi di bawa ke rumah masing-masing,”tambahnya.