Stok Darah Menipis, MRI-ACT Cirebon Gelar Aksi Donor Darah

Cirebon, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT)  Cirebon menggelar aksi donor darah bertajuk “Selamatkan Nyawa, Donorkan Darah Anda” yang berlangsung di Sekretariat ACT, Jalan Ariodinoto, Kecamatan Lemahwungku, Kota Cirebon, Selasa (24/8/2021).

Head of Volunteer MRI-ACT Cirebon. Achmad Subandi mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76 dengan target minimal 76 pendonor atau 76  labu kantong darah.

Sebelumnya, lanjut pria yang akrab disapa Kang Bandi ini, MRI-ACT Cirebon juga Berbagi kasih bertema “Kado Cinta untuk Veteran”sebanyak 76 paket sembako yang dilaksanakan di Gedung Juang, Jalan Cipto Mangunkusumo, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon pada Selasa (17/8/2021) lalu.

“Alhamdulillah pada hari ini Selasa 24 Agustus 2021, MRI-ACT Cirebon kembali melakukan aksi sosial kemanusiaan dengan melakukan donor darah yang bertempat di Kantor ACT Cirebon,” kata Bandi.

Dikatakannya, kegiatan donor darah ini cukup diminati oleh masyarakat Cirebon yang ingin mendonorkan darahnya.

Kegiatan ini, kata Bandi, juga merupakan bentuk kepedulian MRI-ACT Cirebon untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Karena sesuai informasi dari PMI Kota Cirebon bahwa saat ini sangat membutuhkan stok darah. Dari sinilah kami bergerak mengadakan kegiatan donor darah,” terangnya.

Bandi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung kegiatan donor darah ini sehingga acara tersebut dapat berjalan lancar dan memenuhi target labu darah.

“Kegiatan ini juga dihadiri Kapolsek Lemahwungkuk Iptu Wawan Hermawan, Danramil 1403/Lemahwungkuk Kapten Inf Ridwan beserta personel Polsek dan Koramil 1403 Lemahwungkuk,” jelasnya.

Selain itu, hadir juga anggota dari Laskar Agung Macan Ali, GM FKPPI, GRIB, Aliansi Mahasiswa Cirebon, KSC, HMI, Mapala STMIK IKMI dan masyarakat umum.

Terpisah, Markom ACT Cirebon, Umar Rojana mengatakan, selain kegiatan donor darah, pihaknya juga menggelar bazar Pakaian Layak Pakai (PLP) dengan harga Rp 5.000.

“Hasil penjualan tersebut akan kami gunakan untuk aksi-aksi Kemanusiaan yang dilakukan oleh para relawan MRI-ACT Cirebon,” pungkasnya.