Tanggulangi Dampak Covid-19, MRI-ACT Tegal Salurkan Paket Pangan untuk Seniman

Tegal, relawan.id – Puluhan paket pangan bergizi disalurkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal, kepada seniman karawitan yang tergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Tegal, Selasa (31/8/2021) kemarin.

Ketua Pepadi Kota Tegal, Tarmono mengaku, selama hampir dua tahun lebih para seniman ikut terdampak, lantaran banyak kehilangan jadwal pentas.

Aturan pemerintah yang membatasi pementasan, membuat para seniman tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa mengikuti kebijakan yang ada dan berharap pemerintah segera memberikan angin segar untuk seniman, khususnya izin pementasan.

“Karena peraturan pemerintah, kami terima  saja. Tetapi bagaimana nasib seniman ke depan juga harus dipikirkan. Karena, selama dua tahun ini kami tidak diperbolehkan pentas,” ujarnya.

Mewakili para seniman, Tarmono mengucapkan terima kasih, lantaran ACT Tegal, turut memperhatikan dan membantu para seniman yang terdampak.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan. Karena selama ini seniman nangis, jadi mati engga hidup juga engga. Ibaratnya bukan mati karena Covid-19, tapi mati karena kelaparan. Pementasan nggak boleh, susahnya bukan main,” tandasnya.

Sementara itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tegal, Jaka mengutarakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu ikhtiar ACT bersama dermawan dalam menanggulangi dampak pandemi.

Pihaknya berharap, nantinya bantuan tidak hanya menyasar para seniman karawitan. Melainkan pula kepada para seniman jalanan dan lainnya.

“Semoga aksi ini bisa memotivasi kita untuk terus meluaskan berbuat kebaikan. Kami juga mengajak masyarakat untuk turut bergabung mengikuti aksi kemanusiaan. Bisa datang langsung ke Kantor ACT atau transfer melalui rekening ACT, 717 8888 228,” tutupnya.