Tunjukan Kepedulian untuk Sesama, Sumbar Dinobatkan Sebagai Provinsi Dermawan

Sumbar, relawan.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menobatkan Sumatra Barat sebagai provinsi dermawan di awal September ini. Pemberian penghargaan tersebut bukan tanpa alasan. Keterlibatan Sumatra Barat dan warganya dalam berbagai aksi kemanusiaan ACT menjadi alasan utama.

“Sumatra Barat kerap menunjukkan kepedulian untuk sesama, baik dalam dan luar negeri. Atas kepedulian yang tersalurkan ini, sehingga, patut wilayah ini dinobatkan sebagai provinsi dermawan,” ungkap Vice President ACT Mukhti.

Berdasarkan catatan ACT, sejak 2018, kepedulian warga Sumatra Barat bersama aksi kemanusiaan ACT telah hadir. Sebut saja seperti bantuan untuk gempa bumi Lombok dan Palu 2018, bencana banjir Kalimantan Selatan, hingga Kapal Kemanusiaan untuk Rohingya, sampai bantuan Palestina. Selain itu, nyaris setiap tahun Kapal Kemanusiaan juga berlayar ke Mentawai untuk mengantarkan bantuan, khususnya di momen menjelang Idulfitri.

Di acara penobatan ini, Tim Penggerak PKK se-Sumbar juga menyerahkan secara simbolis bantuan untuk pengadaan ambulans di Palestina. Ketua TP PKK Sumbar Harneli Bahar mengatakan, ambulans tersebut merupakan hasil sedekah dari seluruh kader PKK di Sumbar, ditambah dari organisasi lain.

“Sambutan dan respons PKK serta organisasi lainnya sangat luar biasa saat diajak menggalang dana untuk Palestina. Ini wujud kepedulian terhadap nasib saudara kita di Palestina,” ungkap Harneli yang juga istri Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.