MRI Kaltim Laporkan 915 Rumah Terendam Banjir

Kaltim, relawan.id – Sebanyak 915 unit rumah di wilayah Samarinda, Kalimantan Timur, terendam banjir. Banjir juga mengakibatkan 1.310 KK atau sekitar 3.656 jiwa terdampak.

Salah satu wilayah yang masih terendam banjir yakni Perumahan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Ketinggian muka air disini juga bervariasi mulai dari 40-90 sentimeter.

“Kesaksian warga di lokasi banjir, tinggi permukaan air saat ini lebih tinggi dari sebelumnya,” kata Ketua MRI-ACT Kalimantan Timur Dimas Bayu Prasetyo, Selasa (14/9/2021).

Ia melanjutkan, walaupun air sudah merendam permukiman, sejumlah warga Perumahan Bengkuring, memilih bertahan di rumah. Menurut Dimas, hanya sebagian warga yang memilih mengungsi.

“Hari ini status Samarinda siaga. Sempat tadi cuaca panas tetapi baru saja ini hujan lagi,” kata Dimas.

Sementara, permukaan banjir pada malam hari juga kemungkinan naik sebab hingga permukaan  air bendungan Lempake Benanga, di Kota Samarinda, terus bertambah

Salah satu petugas penjaga bendungan dari Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Suheri mengatakan pasokan air dari Budaya Pampang dan Sungai Lantung terus mengalir ke Bendungan Lempake Benanga. Arusnya memang tidak terlalu deras namun membuat debit air di Bendungan bertambah.

Warga Samarinda diingatkan untuk bersiap mengantisipasi bencana banjir yang akan kembali terjadi.

“Seperti tadi malam, air mulai berangsur surut tetapi dapat kiriman air. Jadi buat warga Samarinda harus waspada dan selamatkan barang-barang berharga,” ujar Suheri.