Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah di Riau Terendam Banjir

Riau, relawan.id – Sebanyak 160 rumah warga di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau terendam Banjir. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi sejak Sabtu (25/9/2021) malam.

Banjir dengan tinggi muka air antara 50 sampai dengan 100 centimeter menggenangi Desa Suka Ramai, Kecamatan Tapung. Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, kurangnya resapan menyebabkan air menggenang di sekitar kawasan.

“Debit air hujan juga mengakibatkan anak Sungai Suram meluap,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (27/9/2021).

Hingga saat ini, ada sekitar 64 rumah warga masih terendam banjir dan sisanya berada di wilayah yang sudah surut. Banjir susulan juga mungkin terjadi mengingat wilayah Provinsi Riau sebagian besar didominasi dengan cuaca berkabut, cerah berawan, berawan dan hujan ringan.

Sementara prakiraan cuaca per tanggal 26 sampai 28 September 2021, akan adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Kajian inaRISK menunjukkan Kabupaten Kampar memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi, yang berdampak pada 21 kecamatan.