Tingkatkan Skill Relawan, MRI-ACT Garut Gelar Volunteer Camp

Garut, relawan.id – Guna menciptakan Relawan yang siap siaga menghadapi bencana dan memiliki skill yang kekinian, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kabupaten Garut menggelar Volunteer Camp Batch 1, selama 2 hari pada Sabtu-Ahad 25 & 26 September 2021 bertempat di Cilopang Adventure Camp Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler Garut.

Ketua panitia Volunteer Camp Batch 1, Salhapi mengatakan untuk menciptakan relawan kemanusiaan yang tangguh tidak mudah, selain harus kuat secara fisik, pengetahuan tentang kerelawanan dan kebencanaan juga penting dimiliki oleh seorang relawan.

“Tujuan diadakannya Volunteer Camp ini adalah untuk menyadarkan kembali tentang jiwa kerelawanan dan juga menciptakan relawan yang siap siaga menghadapi bencana. Peserta dibekali dengan berbagi materi yang relevan dengan keadaan Garut yang sedang menghadapi musim hujan, dan harapannya bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di tempat tinggal mereka,” ungkap Salhapi.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini dihadiri oleh 59 relawan yang berasal dari beberapa kecamatan di Garut, Seperti Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Garut Kota, Banyuresmi, Pakenjeng, Bungbulang, Pangatikan, Cilawu, Cisompet, Malangbong, Bayongbong, Samarang & Karangpawitan.

Salah seorang peserta yang berasal dari kecamatan Cilawu, Ade mengungkapkan sangat senang mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulillah dapat banyak ilmu dan wawasan tentang dunia kerelawanan dan juga tentang lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), pokonya mantap lah,” ungkap Ade.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Ketua Umum MRI Garut Mochamad Dani Ramdani yang menjadi pemateri, Dani menyampaikan beberapa pesan kepada para relawan.

“Untuk menjadi relawan harus bisa bermanfaat dimanapun kita beraktivitas, dan juga bisa menggerakan orang lain untuk lebih peduli terhadap sesama. Apalagi sekarang awal musim hujan kita harus siap siaga dengan bencana yang mengancam wilayah Garut,” terang dani.

Pada Volunteer Camp ini juga ada beberapa tamu undangan yang hadir serta mengisi materi, diantaranya Komandan MRI Pusat, Abu Panglima, Head Regional ACT Jawa Barat, Reno I Mahmoedin, BPBD Garut & Damkar Garut.