Ratusan Rumah di Jayapura Ludes Terbakar, MRI Bantu Warga Terdampak

Papua, relawan.id – Ratusan rumah warga di Kompleks Belakang Pasar Youtefa, Kelurahan Wainhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, ludes terbakar, Selasa (28/9/2021).

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Papua membantu dalam penanganan untuk para korban terdampak kebakaran dengan memberikan bantuan makanan siap saji yang sudah diberikan dermawan.

“Kami dari MRI Papua membantu posko-posko yang sudah didirikan Dinas Sosial, seperti memberikan makanan siap saji yang kita terima dari para dermawan,” ujar relawan MRI Papua, Ardiansyah, Kamis (30/9/2021).

“Saat ini, keperluan mendesak yaitu peralatan bayi seperti popok, pakaian bayi, mengingat di sini banyak bayi sekitar 40an, selain itu mereka juga membutuhkan peralatan mandi dan makanan siap saji,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak, mengatakan kerugian ditaksir mencapai Rp10 miliar.

“Korban material diperkirakan berjumlah sekitar 400 kepala keluarga dengan kerugian material berupa ratusan unit rumah habis terbakar, dengan total jumlah kerugian mencapai Rp10 miliar,” tuturnya.

Permukiman yang hangus terbakar di antaranya terdiri dari rumah warga dan indekos. Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga saksi terkait peristiwa tersebut.

Polisi memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi pada pagi menjelang siang tersebut.

“Kasus kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, namun akibat dari kasus kebakaran yang terjadi menyebabkan ratusan kepala keluarga orang mengalami kerugian material,”pungkas Lintong.