Peringati HUT TNI Ke-76, MRI-ACT Berkolaborasi dengan TNI Gelar Bakti Sosial

Bandung, relawan.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76, TNI berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menggelar bakti sosial di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif), Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (5/10/2021).

Peringatan ulang tahun kali ini, TNI mengusung tema ‘Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang. Dalam perayaan HUT TNI, ACT menghadirkan tiga ton beras wakaf dan armada kemanusiaan Humanity Food Truck. Tak kurang dari 1.000 paket makan siap saji juga terhidang untuk veteran, warakawuri, petani penggarap, serta anak yatim.

Wakil Komandan Pussenif, Mayor Jenderal Muhammad Daniel Cardin berterima kasih atas kolaborasi ACT dalam ulang tahun TNI kali ini meski masih dibatasi oleh pandemi. “Namun demikian diharapkan dengan peringatan ini, tidak mengurangi hikmah, maupun nilai-nilai dari semangat ulang tahun TNI,” kata Mayor Jenderal Daniel.

Ibnu Khajar sebagai Presiden ACT pun turut bangga dengan tema yang diusung TNI pada peringatan ulang tahun kali ini. 

“Karena bersatu, berjuang disaat pandemi seperti sekarang ini sangat dibutuhkan oleh kita. Bangsa ini harus menjadi bangsa yang kuat, terlatih untuk menghadapi permasalahan apapun dalam bangsa ini. Maka insyallah, ACT bersama MRI dengan bangga membersamai aktivitas di TNI seperti pada hari ini,” kata Ibnu.

Selama empat tahun ke belakang, ACT membersamai TNI dalam momen peringatan ulang tahun. Di luar itu, kolaborasi telah terjalin melalui berbagai program. Seperti pada tahun 2019 lalu, ACT bersama TNI mengadakan program pembersihan sampah di bantaran sungai Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Tak hanya itu, ACT bersama relawan MRI membagikan puluhan ribu paket makanan siap santap dari armada Humanity Food Truck ACT.

Semasa pandemi Covid-19, berbagai bantuan juga terus diikhtiarkan ACT bersama TNI. Salah satunya melalui TNI Angkatan Udara dengan berkontribusi dalam kegiatan serbu vaksinasi dan pembagian 1,5 ton Beras Wakaf. Selain itu, program santunan anak yatim piatu korban Covid-19 juga dilaksanakan dengan memberikan bantuan uang pendidikan dan ekonomi serta bantuan paket pangan.