Banjir di Kaltim, MRI-ACT Bantu Evakuasi Warga dan Salurkan Bantuan

Kaltim, relawan.id – BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara mencatat satu jembatan rusak akibat banjir. Kerusakan yang dipicu banjir terjadi di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Kamis lalu (7/10).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan dua desa terdampak di kecamatan itu, di antaranya Desa Sumber Sari dan Gunung Mulia. Ketinggian muka air antara 20 hingga 40 cm.

Pantauan BPBD, Sabtu (9/10), tinggi muka air cenderung terus meningkat. Prakiraan cuaca dua hari ke depan menginformasikan wilayah Kecamatan Babulu masih berpotensi hujan ringan.

“Merespons hal tersebut, BPBD setempat mengimbau masyarakat dan perangkat daerah di kedua desa terdampak untuk tetap berhati-hati serta bersiaga dengan perlengkapan maupun peralatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan evakuasi,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Ahad (10/10).

Sementara itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kalimantan Timur hinggi kini masih terus membantu warga terdampak banjir  yang terjadi di Paser Utara, Kalimantan Timur. Relawan MRI-ACT juga mengevakuasi 1 warga untuk dibawa ke pengungsian agar lebih terkontrol baik secara kesehatan dan lainnya.

“Selain kita mengevakuasi warga, kita juga mendistribusikan bahan makanan untuk warga yang bertahan di rumahnya masing-masing, dan membantu warga mobilisasi keluar masuk menggunakan perahu untuk kebutuhan mengambil makanan siap santap di posko dan ada juga warga yang meminta diantar kerumahnya karena air sudah mulai surut,” ujar Dimas, relawan MRI yang sedang di lapangan.