Hadapi Musim Ujan, MRI-ACT Ikut Apel Kesiapsiagaan bersama Gubernur DKI Jakarta

Jakarta, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama tim Tanggap Darurat ACT mengikuti Apel Kesiapsiagaan Hadapi Musim Hujan yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Rabu (13/10/2021).

Koordinator Tim Tanggap Darurat ACT Lukman Solehudin menjelaskan, apel ini diikuti sebagai upaya koordinasi dalam mengantisipasi cuaca ekstrem yang akan terjadi di Jakarta. “Alhamdulillah tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB relawan dan tim Tanggap Darurat ACT mengikuti apel kesiapsiagaan hadapi musim hujan,” kata Lukman.

Ia melanjutkan, Apel Siaga yang diadakan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dilakukan untuk mendukung penanganan kebencanaan jika terjadi kondisi tanggap darurat selama musim hujan.

Sejauh ini, terang Lukman, tim Tanggap Darurat ACT telah melakukan persiapan berupa pelatihan penyelamatan di air (water rescue). 

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan kepada seluruh jajaran agar bersiaga terhadap segala kemungkinan. Bahkan, Anies meyakini bisa saja personel gabungan menghadapi kondisi banjir rob yang biasa terjadi di kawasan pesisir utara Jakarta, kemudian luapan air kiriman dari wilayah yang dilalui air sungai, serta hujan lebat hingga ekstrem di tengah kota. “Dari tiga kondisi ini, semuanya harus kita hadapi. Mungkin bersamaan,” ucapnya.

Apel diikuti 1.408 personel gabungan dari jajaran Pemprov DKI, relawan, Kepolisian, hingga TNI yang digelar di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Apel ini turut dihadiri jajaran Forkopimda, di antaranya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo.