Aceh

Aceh Timur Diterjang Banjir, Ribuan Warga Terdampak

Aceh, relawan.id – Hujan deras membuat sejumlah sungai di Aceh Timur meluap hingga ke pemukiman warga. Tak hanya banjir, bencana longsor juga terjadi dan menutup akses ke beberapa desa di Aceh Timur. 

Relawan MRI-ACT Lhokseumawe, Hidayatullah mengatakan, salah satu sungai yang meluap adalah Sungai Arakundo, Peureulak, dan Bayeun.. Air merendam 28 desa di 11 kecamatan di Aceh Timur. Banjir juga menutup akses jalan nasional Aceh-Medan. 

“Sementara longsor menutup sebagian jalan di Aceh Timur. Bahkan akses menuju Desa Bukit Seulemak, Kecamatan Birem Bayeun putus total akibat longsor,” ujarnya, Kamis (6/1/2022). 

Hidayatullah melanjutkan, hingga Rabu (5/1/2022) pukul 16.00 WIB, jumlah warga terdampak akibat bencana di Aceh Timur ini adalah 11.800 jiwa dari 3.998 KK. Dua orang meninggal karena musibah ini. Selain itu dua jembatan ambruk. Longsor juga menimbun dua ruas jalan.\

“Bantuan yang dibutuhkan warga saat ini adalah makanan siap saji, air minum, pakaian baru, pampers, pembalut, peralatan kebersihan, hygiene kit, susu, vitamin, obat-obatan, air bersih, dan selimut,” jelas Hidayatullah.