Jayapura Banjir

Jayapura Diterjang Banjir Setelah Diguyur Hujan Deras

Jayapura, relawan.id – Hujan deras yang melanda Jayapura, Papua sejak Kamis malam hingga Jumat (7/1/2022) dini hari mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan kota. Sejumlah fasilitas umum seperti RS TNI AD Marten Indey dan sekolah terendam banjir. 

Pantauan di lapangan, sejumlah titik atau lokasi di kota yakni jalan raya depan kantor Gubernur Papua, dan sejumlah ruas jalan utama lainnya tergenang air setinggi pinggang orang dewasa.

Para pengguna jalan raya, baik roda empat dan roda dua terlihat berhati-hati saat melintas kawasan tersebut. Hingga saat ini masih belum bisa dikonfirmasi apakah ada korban jiwa atau tidak. 

BMKG pun mengimbau agar masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Mohon bantuan kepada BPBD/Pihak Terkait dapat meminta kepada Masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor,” kata BMKG Papua.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua, hujan deras disertai angin kencang dan petir terjadi pada Kamis pukul 22.30 WIT hingga Jumat pukul 02.00 WIT. BMKG pun telah mengeluarkan peringatan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Jumat ini hingga Minggu (9/1/2022).

Banjir  terjadi di empat distrik meliputi Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Heram. Berdasarkan data sementara, terdapat enam titik longsor.