Rakornas MRI 2022, Bangun Kesadaran dan Optimisme Masyarakat untuk Bangkit

Aceh, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) memandang tahun 2022 adalah tahun kebangkitan kembali bangsa Indonesia yang selama 2 tahun belakangan ini terlihat luluhlantak akibat bencana-bencana dahsyat. Bencana banjir, gempa, serta letusan gunung merapi telah menghancurkan sarana dan prasarana kehidupan masyarakat.

Pandemi Covid-19 selama 2 tahun menerjang bangsa ini telah menghancurkan sendi-sendi ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat hingga menyebabkan resesi bahkan menuju pada depresi masyarakat secara luas.

MRI meyakini bahwa partisipasi masyarakat merupakan satu-satunya jalan yang harus ditempuh agar bangsa ini dapat segera bangkit dari keterpurukannya, masyarakat tidak dapat menggantungkan nasibnya kepada pihak yang lain, masyarakat mampu berdiri diatas kakinya sendiri, membela hak dasar hidupnya sekaligus menciptakan kesejahteraan bagi bangsa ini.

Masyarakat Indonesia harus tampil aktif dan dinamis dan tidak boleh terjebak dalam pola hidup yang pasif dan malas apalagi putus asa. Untuk membangun kesadaran dan optimisme masyarakat agar bangkit kembali membangun tatanan masyarakat yang kokoh, sejahtera dan bermartabat. MRI menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Nasional (RAKORNAS) 2022 di Aceh, Kamis-Jumat (6-7/1/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan MRI Pusat dan Pimpinan MRI Wilayah dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Rakornas MRI 2022 diselenggarakan di Bumi Rencong Aceh ini, karena Aceh adalah tempatnya para pejuang, tempatnya para relawan yang telah terbukti mampu menjaga harkat-martabat dan kedaulatan bangsa dari tangan para penjajah meskipun jiwa dan raga menjadi taruhannya,” ujar Presiden MRI, Ibnu Khajar.

Tak hanya itu, semangat juang dan kerelawanan masyarakat Aceh dan seluruh bangsa ini menjadi spirit yang mengobarkan semangat MRI dalam berjuang membangun kesadaran dan optimisme masyarakat untuk bangkit kembali membangun tatanan masyarakat yang kokoh, sejahtera dan bermartabat. Oleh karena itu RAKORNAS MRI 2022 ini menghasilkan resolusi yang tidak boleh tertunda oleh apapun.

“Dengan visi menjadi organisasi sosial kemanusiaan berbasis Masyarakat Relawan demi terwujudnya NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. MRI ingin memastikan terjadinya massifitas partisipasi masyarakat, di tahun 2022 ini MRI menargetkan 1 (satu) juta orang relawan terekrut dan teredukasi dengan baik sebagai wujud keseriusan MRI mengelola asset sosial bangsa ini. Karena dari merekalah agenda-agenda kebangkitan masyarakat dapat terlaksana dengan massif, sistematis dan terencana,” tegasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, MRI akan mengaktifkan seluruh jaringan organisasinya yang tersebar di 34 (tiga puluh empat) Provinsi, 340 (tiga ratus empat puluh) Kabupaten/Kota, 1.000 (seribu) Kecamatan dan 10.000 (sepuluh ribu) Desa/Kelurahan, dengan total jumlah pengurus sebanyak lebih dari 100.000 (seratus ribu) orang.

Program-program kuratif yang telah terbukti efektif menjadi jaring pengaman sosial bagi bangsa ini yang terdampak secara ekonomi akan terus dimasifkan khususnya bagi saudara kita yang terkena bencana alam, juga karena kemiskinan yang selama ini menghimpit mereka.

Seluruh program yang ada akan direvitalisasi dan dilakukan pembaharuan agar lebih cepat, tepat dan menjadi solusi terbaik bagi permasalahan masyarakat. Program-program kesehatan, pendidikan, juga penanganan kebencanaan dan lainnya akan tampil dengan jauh lebih modern, profesional, humanis dan terpercaya.

Selain itu, digitalisasi partisipasi kedermawanan masyarakat dalam pembangunan kebangkitan bangsa ini akan disiapkan dengan baik, mengikuti perkembangan zaman dan teknologi terbaru saat ini. Platform digital (Internet Teknologi) yang jauh lebih modern, menarik dan menjadi leader dalam trend teknologi saat ini, diharapkan dapat memperluas partisipasi kedermawanan masyarakat secara eksponensial.

“Untuk memastikan itu semua, sekaligus menciptakan masyarakat yang mandiri, MRI juga akan mengaktivasi seluruh jaringan organisasinya untuk memberikan advokasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, sehingga seluruh masyarakat Indonesia akan dapat merasakan hak-haknya terpenuhi dengan baik. Atas dasar itu juga, MRI akan mempersiapkan pembentukan Jaringan Lembaga Advokasi Indonesia,” bebernya.

Dengan melakukan upaya-upaya yang menyeluruh sebagaimana tersebut di atas, MRI sangat meyakini bahwa kebangkitan bangsa Indonesia ini dapat segera terwujud. Kesuksesan Rakornas MRI 2022 adalah kesuksesan bagi bangsa ini. Oleh karena itu kami mengundang seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan kerelawanan ini.