MRI Jayapura

Banjir dan Longsor Terjang Jayapura, MRI-ACT Distribusikan Bantuan

Jayapura, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Jayapura selama dua hari pasca terjadinya banjir, yakni terhitung mulai Jumat (7/1/2022) hingga Sabtu (8/1/2022) telah mendistribusikan 216 kotak nasi bagi para korban banjir di Distrik Abepura. 

Relawan MRI-ACT Jayapura, Reni mengatakan jumlah relawan yang diterjunkan sebanyak 25 orang. 

“Kami MRI-ACT Jayapura sendiri telah menerjunkan relawan dari Kamis malam, saat terjadi hujan deras dan mulai meluapnya air di beberapa wilayah yang ada,” katanya, Ahad (09/01/2022).

Dikatakan Reni, pihaknya saat ini masih terus berfokus pada proses evakuasi para korban terdampak banjir, khususnya di Pasar Youtefa dan sekitarnya, dan sepanjang Kali Acai Abepura.

“Sementara untuk bantuan, kami baru membagikan makanan siap santap untuk para korban di lokasi pengungsian, untuk jumlahnya ada 216 kotak nasi,” sebutnya. 

Reni melanjutkan, kendala yang dihadapi ada di beberapa titik pengungsian yang masih tergenang air, serta turun meninjau ke lokasi, aliran listrik masih dalam kondisi padam, sehingga menyulitkan relawan dalam memberikan bantuan.

“Kami berharap dengan sedikit bantuan dari MRI-ACT, baik tenaga untuk evakuasi, maupun bantuan makanan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak musibah banjir ini,” harapnya. 

Untuk diketahui, dalam proses evakuasi, MRI-ACT Jayapura juga bersama-sama dengan Brimob, Polairud, Basarnas, hingga Baznas dan Dompet Dhuafa, yang turut membantu. 

Sebelumnya diketahui, selama 10 jam diguyur hujan dengan intensitas sangat lebat atau ekstrem pada Kamis malam (6/1/2022), hingga Jumat dini hari (7/1/2022) Kota Jayapura mengalami kebanjiran parah.

Sejumlah distrik, yakni Abepura, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Heram, Hedam, hingga, Muara Tami, terpantau mengalami banjir. 

Adapun lokasi terparah yang mengalami banjir diantaranya, Pasar Sentral Youtefa di Abepura, Perumahan Organda Padang Bulan, hingga CV Thomas Entrop.