Banjir Jakarta

Jakarta Masih Terendam Banjir, 1.532 jiwa mengungsi

Jakarta, relawan.id – Banjir di kawasan Jakarta berangsur surut. Kini tersisa sembilan RT di kawasan Jakarta Barat yang masih tergenang.

Melihat kondisi korban terdampak, Relawan MRI-ACT Jakarta Barat melakukan asessement lokasi banjir di Jalan Lingkungan 3, RT 15/03, Tegal Alur Jakarta Barat

“Sebanyak 200 Rumah tinggal 53 KK dan 400 jiwa yang terdampak akibat Banjir ini. Penyebab Banjir di karenakan hujan lebat yang berlangsung Lama dari Selasa hingga Rabu. Beberapa bantuan yang dibutuhkan Paket pangan, Susu, Pampers, Kebutuhan balita dan wanita,” ujar relawan MRI-ACT Jakbar, Neng Rubi, Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, BPBD DKI Jakarta mencatat masih ada genangan di sembilan RT atau 0,030 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta. Data ini tercatat per pukul 06.00 WIB. Banjir di Jakbar yang tersisa masih di kawasan Kelurahan Tegal Alur.

“Ketinggian 40 cm, dengan jumlah sembilan RT. Penyebab curah hujan tinggi, rob, dan luapan Kali Semongol,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Insyaf.

BPBD DKI mencatat ada 489 atau 1.532 jiwa yang mengungsi. Insyaf menuturkan ada 11 titik pengungsian. Berikut lokasi:

1. Majelis Ta’lim Nurul Falah

2. Belakang Bubur olo olo

3. Musala Al-Hidayah

4. Musala Raudhatul Hidayah

5. Rumah H Gimun/Hj Lela

6. Musala Nurdalil Iman

7. Musala Al Madin Nurul Ikhwan

8. Rusunawa Binaan

9. RPTRA Alur Anggrek

10. Masjid Darurohman

11. Masjid Al-Falah

Selain itu, warga Cengkareng Barat juga mengungsi akibat banjir. Total ada 35 warga yang mengungsi di Musala Al-Hidayah RT 07 RW 10.

Kemudian warga terdampak banjir juga terjadi Semper Timur. Ada sembilan warga yang mengungsi di kantor Sekretariat RW 01.