MRI Banten Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Lebak

Lebak, relawan.id – Para santri dari Pondok Pesantren At-Turisin, Desa Cirinten, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, akhirnya mendapatkan bantuan pelayanan kesehatan gratis dari Humanity Medical Services. Mereka menjadi salah satu kalangan yang tergolong sulit mendapatkan akses layanan kesehatan. Selain karena jarak, faktor ekonomi juga menjadi penyebabnya.

Di tengah medan yang sulit untuk menjangkau lokasinya dikarenakan jauh dari pusat kota, tidak menyurutkan tim Humanity Medical Services untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada santri di Pondok Pesantren At-Turisin.

“Di sini banyak santri yang mengeluhkan beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit kulit, batuk pilek, dan mag,” ujar Dokter Aisyah, relawan MRI Banten.

Layanan kesehatan yang dilakukan pada Kamis (9/6/2022) lalu merupakan kunjungan pertama ke pondok pesantren yang memiliki bangunan semi permanen berbahan anyaman bambu.

“Ada sekitar 39 orang yang ikut pemeriksaan kesehatan ini. Rata-rata memang santri di sini. Kita lakukan tensi darah, diagnosis keluhan yang dialami santri, hingga pemberian obat-obatan,” tutur Dokter Aisyah.

Santri Pesantren At-Turisin sendiri tergolong jarang mendapatkan pelayanan atau pemeriksaan kesehatan. Muhammad Albar dari Tim ACT, mengatakan, untuk itu, hadirnya layanan dari Humanity Medical Services ini diharapkan mampu memastikan kondisi kesehatan santri yang tengah menimba ilmu ini.

 “Saat ini pun kami tengah berikhtiar membangun fasilitas MCK yang lebih layak untuk santri. Seluruh masyarakat Indonesia bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan ini,” ungkap Albar.