Banjir Terjang Bogor, MRI Distribusikan Bantuan untuk Korban Terdampak

Bogor, relawan.id – Akibat banjir bandang yang menerjang dua wilayah di Kabupaten Bogor, yakni Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan dan Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, sebanyak 63 rumah mengalami rusak berat.

Berdasarkan informasi dari relawan, data terbaru dari tanah longsor sekaligus banjir yang terjadi pada Rabu (22/06/2022) tersebut juga mengakibatkan satu unit jembatan terputus, enam orang warga meninggal dunia, serta puluhan warga lainnya harus mengungsi dan mengalami luka-luka ringan.

Relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bogor Raya pun telah mendirikan posko darurat sebagai upaya mendampingi penyintas banjir bandang, yang beralamat di SMK Al Hafidz Leuwiliang, Jalan Moh. Noh Noor Km 8, Kampung Hegarsari, Karyasari, Leuwiliang, Bogor.

“Posko ini berfungsi sebagai pusat koordinasi relawan serta logistik bantuan. Ini menjadi ikhtiar kami bersama dermawan untuk mendampingi para penyintas,” jelas Kepala Cabang ACT Bogor Raya Eka Citra Saputra, Jumat (24/06/2022).

Sebelumnya, tepatnya di hari kejadian, MRI bersama ACT Bogor Raya segera memberangkatkan tim untuk mengevakuasi warga. Aksi bersih-bersih rumah pun dilakukan pascabanjir mulai surut.

Eka menambahkan, bantuan kemanusiaan sudah mulai didistribusikan pada Jumat ini. Ada 200 paket pangan serta bantuan air bersih yang tersalurkan. Bantuan ini diberikan sebagai tahap awal karena memang sangat mendesak.

“Hari ini kami telah mendistribusikan 200 paket sembako. Akan ada pelayanan kesehatan juga. Didukung 20 relawan MRI, kami juga mohon dukungan dari seluruh dermawan agar kondisi warga segera pulih,” tambah Eka.