Musala Al-Hidayah

Berdiri Sejak 1998, MRI-ACT Sukabumi Bangun Kembali Musala Al-Hidayah

Sukabumi, relawan.id – Masih cukup banyak tempat ibadah yang terbatas secara fasilitas. Salah satunya seperti Musala Al-Hidayah, yang terletak di Kampung Cirongga, Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Musala yang dibangun sejak tahun 1998 ini, hingga saat ini belum pernah direnovasi. Kondisi bangunannya saat ini sudah mulai lapuk dimakan usia. Dindingnya serta atapnya rapuh dan berlubang, membuat jemaah tidak jarang kehujanan saat musim hujan tiba.

“Di kampung ini setidaknya ada 35 kepala keluarga dan semua beribadah di musala ini. Jadi, musala ini sangat penting bagi warga Kampung Cirongga. Namun kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Dinding dan lantai yang terbuat dari bilik sudah mulai rapuh dan berlubang. Kalau hujan biasanya bocor, dan kami harus membersihkan dulu sebelum salat,” ujar Apud yang bertugas sebagai imam di musala tersebut pada pertengahan November 2021 lalu.

Terlebih saat ini Musala Al-Hidayah tidak memiliki tempat wudu dan kamar mandi umum. Karena keterbatasan fasilitas, warga terpaksa berwudu terlebih dahulu di rumahnya sebelum salat berjemaah. Demikian minimnya, padahal kegiatan masyarakat di musala ini cukup padat.

“Musala ini sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan keagamaan. Seperti pengajian anak-anak, kajian setiap malam Jumat untuk orang dewasa, salat berjemaah, serta kegiatan kemasyarakatan lain,” ucap Apud.

Kondisi bangunannya saat ini sudah hampir roboh. Warga setempat sangat menginkan merenovasi musala tersebut, namun sebagian besar dari mereka bekerja sebagai buruh tani membuat mereka kesulitan untuk mengumpulkan biaya.

Merespons kondisi ini, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sukabumi berikhtiar membangun kembali bangunan Musala Al-Hidayah. Dalam pembangunan musala yang telah berjalan selama beberapa waktu ini, ACT juga mengajak para dermawan untuk turut membantu ikhtiar tersebut.

“Insyaallah, dengan bantuan para dermawan sekalian, Tim ACT beserta Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sukabumi akan membangun ulang Mushola Al-Hidayah menjadi bangunan permanen yang lebih luas, lengkap dengan tempat wudu dan MCK,” kata Muchlis dari relawan MRI-ACT Sukabumi.