Banjir Pati

Banjir Bandang Terjang Pati, MRI Bantu Warga Terdampak

Pati, relawan.id – Banjir bandang menerjang puluhan rumah warga di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati pada Senin (27/6/2022) lalu. Musibah ini menggerakkan hati para relawan untuk berbondong-bondong membantu para warga yang ada di sana.

Tak terkecuali, relawan MRI Pati beserta gabungan relawan lainnya yang melakukan aksi penambalan tanggul Sungai Sat yang jebol selebar 30 meter selama berhari-hari.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Muhammad Husni Azam selaku Koordinator Relawan MRI Pati. Walaupun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun dirinya menjelaskan bahwa puluhan rumah mengalami kerusakan yang bervariatif dari rusak ringan hingga rusak berat.

“Kami telah berhari-hari melakukan aksi bersama unsur relawan lainnya dan warga setempat, dalam mengatasi pasca banjir bandang,” ucap Azam saat ditemui di lokasi, Sabtu (2/7/2022).

“Dalam aksi itu kami bagi tim, ada yang di rumah warga, ada yang di posko dan ada juga yang membantu membuat tambalan tanggul yang jebol,” sambungnya.

Selain melakukan penambalan tanggul jebol, pada Kamis (30/6/2022) lalu relawan MRI Pati juga memberikan bantuan sembako untuk warga Tanjungrejo yang terdampak banjir bandang tersebut.

“Tim relawan selain membantu masyarakat membersihkan tumpukan lumpur dan puing bangunan juga membuat tambalan tanggul yang jebol akibat luapan Sungai Sat. Kami juga menyalurkan bantuan paket sembako seperti air minum kemasan dan beras ke posko banjir Desa Tunjungrejo,” jelasnya.

Sementara itu, pihak posko menyampaikan terimakasih atas kepedulian dari para sahabat dermawan dan relawan yang telah ikut berpartisipasi dalam bencana banjir bandang di Desa Tunjungrejo.