Jakarta, relawan.id-  Salah satu keuntungan bergabung dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) adalah mendapatkan banyak ilmu baru, baik yang terkait langsung dengan kebencanaan seperti rescue dan teknik survival, maupun yang tidak.

Para relawan MRI Jakarta Raya contohnya, Kamis hingga Jumat (7-8/2/2019) sebanyak 12 orang terpilih dari mereka mendapatkan ilmu teknik presentasi dari Bidang Marketing Komunikasi MRI Pusat dalam sesi “Winning Presentation, From Powerpoint to Powerfull” di Menara 165, Jakarta Selatan.

“Targetnya kita ingin menaikkan kemampuan SDM relawan di seluruh daerah. Sehingga mereka dapat mendeliver program besar ACT-MRI.  Selain itu mereka juga bisa termotivasi membuat program besar untuk relawan,” jelas Kepala Bidang Marketing Komunikasi MRI Pusat, Dicky Irawan kepada relawan.id, Kamis (7/2/2019).

Menurut Dicky, relawan sebetulnya punya banyak cerita dari lapangan selama mereka bertugas. Cerita itu banyak yang menarik untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Tapi selama ini mereka belum menguasai toolsnya, maka dua hari ini mereka kita latih untuk menyampaikan cerita itu dengan menarik,” katanya.

Fundrising, lanjut Dicky sebetulnya hanya efek, yang terpenting adalah masyarakat tahu apa yang selama ini para relawan lakukan, sehingga mereka ikut terinspirasi.

“Insya Allah rencananya setelah Rakernas MRI, kita akan minta dua hari di masing-masing daerah untuk membuat acara sejenis. Jadi skill ini bisa merata dimiliki di semua daerah,” jelasnya.

Kelas berjalan dengan sangat seru dan dinamis, terlebih saat peserta diminta untuk melalukan simulasi. Sesi “WinningPresentation, From Powerpoint to Powerfull” ini diisi oleh para expert di bidang public speaking dan presentasi, sehingga para relawan mendapatkan ilmu langsung dari para ahlinya. (DST)