MRINews (19/2)- Ruangan ACT learning Center di lantai 9 nampak ramai pada Sabtu (17/3). Ada tawa dan ada kelucuan. Maklum hari itu sedang ada acara pelatihan dongeng. Kak Danang, dari Manajemen Dongeng Inspiratif  memberikan teknik mendongeng, bagaimana cara membuat efek suara, gerak tubuh dan mimik wajah.

Maka terdengarlah suara suara unik , ada lengkingan ada geraman bahkan ada suara meniru-nirukan hewan. Gerak tubuh dan mimik jenaka juga diajarkan. Ya, inilah bagian dari cara mendongeng. Agar menarik, seorang pendongeng harus mempu menyajikan cerita, teknik bertutur dan interaksi secara intens dengan pendengarnya.

Serius dulu, membuat boneka sendiri (dok : MRI Jakray)

Acara yang digagas tim Education Psychosocial Community (EPC) Masyarakat Relawan Indonesia Jakarta Raya yang berkolaburasi dengan Manajemen Dongeng Inspiratif mengambil tema : “Bertutur dengan hati, Hadirkan Semangat Empati “. 

Acara ini diikuti tak kurang dari 45 peserta yang datang dari beragam profesi , ada mahasiswa, pelajar, guru, karyawan. Bahkan ada peserta yang membawa anggota keluarganya yang lain, nenek tersayangnya. Tak ada batasan profesi apalagi umur. Namanya juga relawan, datang dari segala penjuru.

EPC sendiri berharap kegiatan ini akan mencetak relawan relawan yang  punya ketrampilan ketika turun ke medan bencana. EPC merupakan bidang yang menggawangi kegiatan trauma healing pasca bencana yang ditujukan ke anak anak korban.

Jadi, selain memberikan bantuan berupa fisik, seperti makanan, minuman, perlengkapan dan bantuan barang lainnya. MRI ACT juga memberikan bantuan non fisik, seperti trauma healing. Pasca bencana, ketika kejadian abnormal seperti banjir, erupsi gunung, tanah longsor, gempa, kebakaran seringkali didapati korban yang mengalami shock hingga trauma.

Mendongeng merupakan salah satu cara efektif yang disukai anak anak. Secara mental, anak anak akan diajak melupakan dan mengurangi beban psikis yang mereka hadapi.

 

Membuat Boneka karakter sendiri . asyik dan seru (dok : MRI Jakray)

Membuat Boneka Sendiri

Selain diajar mendongeng, peserta juga dilatih membuat boneka karakter (sock puppet) , Giliran kak Faqih yang menjadi narasumber . Peserta langsung diajak praktek . Karena membuat boneka yang menarik juga menjadi salah satu syarat .

Seorang pendongeng tentu punya gaya dan cirikhas sendiri. Boneka merupakan salah satu cirikhas pendongeng . Nah, membuat boneka sendiri juga punya kelebihan, jadi tak perlu membeli secara khsusus ke toko. Pendongeng bisa membuat beberapa tokoh karakter yang akan dimainkan. Jadi lebih hemat namun lebih keren.

Peserta dengan serius mencoba membuat boneka mereka sendiri, setelah itu mencoba mempraktekan mendongeng secara langsung didepan kelas.

Hari itu, semua peserta nampak bergembira. Tersenyum , tertawa bahkan rela mengikuti semua aksi narasumber yang kadang bikin suasana jadi gerr.

Berfoto bersama usai Kelas Mendongeng (dok : MRI Jakray)

Kelas mendongeng berakhir sudah. Peserta mendapatkan ilmu baru. Teknik mendongeng dan membuat boneka. Ranah berkarya untuk dunia kemanusiaan kini semakin jelas dihadapan. Trauma healing dengan mendongeng akan jadi ranah yang akan digeluti. Relawan MRI sadar betul dimana tempatnya berkarya.

Ada yang tertarik ? tunggu pelatihan mendongeng selanjutnya ya…. (RN)