MRINews ,Sabtu-(14/7) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya  kembali menyambangi sebuah sekolah di pelosok Kabupaten Bogor dalam rangka realisasi program MRI Goes to School Vol. 2. Kali ini tujuannya SDN 05 Tajurhalang. Sekolah yang berada di Kampung Bungur, Desa Tahur halang , Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Tak kurang 20 orang relawan MRI  hadir, berasal dari sejumlah wilayah di Jabodetabek. Sebagai penanggung jawab Kak Wanda Lintasari yang berasal dari MRI Kabupaten Bogor. Walau harus berangkat pagi pagi sekali dari rumah menuju lokasi , tak menjadi masalah bagi relawan MRI untuk ikut mensukseskan acara.

Membagikan kebahagiaan kepada anak anak SD 05 Tajurhalang (dok : MRI Jakray )

Sebelum acara dimulai  relawan sibuk  di salah satu ruang kelas menyiapkan acara. Ada yang memasang back drop, spanduk dan perlengkapan lainnya. Acara Back to School yang digagas  mengambil momen tahun ajaran baru. Karena  bagi sebagian orangtua yang kurang mampu , membeli perlengkapan alat sekolah bukan perkara mudah.

Belajar Menggambar dan Praktik Cuci Tangan yang Benar

Menjelang siang, di luar kelas terlihat beberapa siswa beserta orangtua mulai berdatangan. Mereka datang dari wilayah yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, pekerja serabutan atau pekerja kasar lainnya. Lokasi yang dipilih memang wilayah yang pantas mendapatkan bantuan paket alat sekolah.

Belajar menggambar dan mewarnai, melatih motorik dan daya kreatifitas anak ( sumber : MRI Jakray)

Sekitar 32 paket alat sekolah disiapkan,  Terdiri dari tas sekolah, buku tulis 1 pak, pensil warna, penggaris 30 cm, paket mistar, pensil, penghapus, dan rautan siap dihadiahkan untuk adik-adik kita yang kurang mampu.

Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan menggambar, mewarnai dan menulis bersama yang dipandu oleh Kak Ashma dibantu teman-teman relawan,  berlangsung seru dan menyenangkan. Kreatifitas anak anak dirangsang untuk menampilkan gambar dan warna . Menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan  untuk melatih  motorik   dan merangsang otak kanan anak untuk berkembang.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Edukasi Hidup Bersih dan Sehat yang disampaikan oleh Kak Nurul yang berprofesi sebagai perawat, yang dilanjutkan langsung dengan praktik cuci tangan metode 7 langkah. Mencuci tangan adalah salah satu edukasi hidup sehat yang paling sederhana namun punya dampak kesehatan yang besar. Dengan memberikan edukasi mencuci tangan maka anak akan mengerti cara menghindari penyakit yang ditularkan lewat tangan seperti diare, cacingan, influenza dan beberapa penyakit lainnya.

Kegiatan berlangsung hangat dengan terciptanya komunikasi yang terbangun antara teman-teman relawan dengan adik-adik siswa sekolah.

Sumber : MRI Jakray

Di puncak acara, Kak Fuad selaku ketua pelaksana MRI Goes to School Vol 2 melakukan penyerahan 32 paket kelengkapan sekolah ke seluruh adik-adik penerima manfaat. Wajah ceria , seyum bahagia terlihat jelas. Relawan yang terlibat juga ikut merasakan kebahagian anak anak yang telah mendapatkan paket alat sekolah baru. Indahnya berbagi.

Makan ala relawan seusai acara MRI Goes to School sele

Ke depannya MRI Jakarta Raya dan MRI Kabupaten Bogor berharap program ini dapat menjadi program lanjutan yang siap bersinergi dengan seluruh relawan di pelosok sekalipun. Semakin banyak wilayah yang menerima manfaat, semakin banyak kebaikan yang tercipta.

Artikel  kiriman : MRI Jakarta Raya ( Kak Ashma)

Tulisan telah  dlakukan ediit seperlunya tanpa merubah isi tulisan – Redaksi